JALANKAN PROGRAM KHUSUS RAMADHAN, BAZNAS GANDENG NU DAN MUHAMMADIYAH

Ketua Umum BAZNAS Profesor Bambang Sudibyo

JIC, JAKARTA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan 10 program khusus selama bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah. Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah pun digandeng untuk menjalankan dua dari 10 program khusus tersebut.

“Kalau Ramadhan Bersama Suku Badui dengan Muhammadiyah, 99 Masjid Cemerlang dengan NU,” kata Ketua Baznas Bambang Sudibyo, Kamis (18/5).

Untuk program Ramadhan Bersama Suku Badui, ia menjelaskan kalau itu merupakan kegiatan syiar Islam yang bertujuan menghidupkan suasana keagamaan dan menguatkan akidah masyarakat terpencil. Untuk itu, Baznas mengirimkan dai-dai dengan kegiatan seperti buka puasa, sahur dan tarawih.

“Itu sudah berjalan, dan dilakukan dengan cara-cara yang baik supaya tidak menimbulkan permasalahan toleransi,” ujar Bambang.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Nasional Baznas, Nasir Tajang menerangkan, itu merupakan kegiatan membersihkan masjid di tempat strategis dan banyak dikunjungi. Ia menuturkan, program datang dari keprihatinan atas masih banyaknya masjid yang kotor.

Lokasi targetnya seperti pemukiman padat penduduk, jalan protokol atau jalur yang sering disinggahi pemudik. Program ini diharapkan memberikan simulus dan edukasi bagi masyarakat akan pentingnya kebersihan masjid karena kebersihan sebagian dari iman.

“Sebab, masjid seharusnya jadi simbol karakter Muslim,” kata Nasir.

Sumber ; republika.co.id

Write a Reply or Comment

19 + seventeen =