4 ALASAN WAKTU IMSAK JUSTRU WAKTU TERBAIK UNTUK SAHUR

sahur

JIC – Siapa yang sering sahur sejam atau bahkan dua jam sebelum adzan Shubuh? Wuih, mungkin makan sahurnya bermacam-macam dan makannya sambil nonton jadi butuh waktu lama untuk mengunyah yaa?

Padahal kalau kita mau mengikuti sunah Rasulullah, justru makan sahurlah begitu mendekati waktu adzan Shubuh, kira-kira lima belas menit sampai tiga puluh menit sebelum adzan Shubuh, karena cara inilah yang dilakukan oleh Rasul dan para Sahabat. Bahkan beberapa kalangan menyatakan waktu imsak sebagai waktu untuk berhenti makan sahur adalah bid’ah yang menyesatkan.

“Dahulu para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang-orang yang paling segera berbuka dan paling lambat sahur.” (HR. Abdurrozaq di dalam Al-Mushonnaf 4/226, no. 7591; dishahihkan oleh Al-Hafizh di dalam Al-Fath)

Dalam hadits lainnya, Zaid bin Tsabit menyatakan bahwa setelah sahur biasanya Rasulullah langsung melaksanakan shalat Shubuh, artinya… beliau biasanya mengakhirkan sahur.

“Bahwa Zaid bin Tsabit telah memberitahunya bahwa mereka makan sahur bersama Rasulullah saw. Kemudian mereka berdiri mengerjakan shalat. Aku bertanya kepada Zaid: “Berapa lama tempo antara selesai makan sahur dengan shalat?” Zaid Menjawab, “Kira-kira 50 atau 60 ayat (al-Qur’an).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada beberapa alasan bahwa sebaiknya kita sahur mendekati waktu imsak atau adzan Shubuh:

1. Tidak berlebihan dalam menyantap makan sahur

Kalau waktunya kelamaan, kita bisa kebanyakan makan dan minum, akhirnya perut malah kembung dan kekenyangan karena segala jenis makanan dimasukin ke perut.

Padahal Rasulullah hanya sahur dengan kurma kering:

“Hidangan sahur seorang mukmin yang paling baik adalah kurma kering” (HR. Ibnu Hiban, Abu Dawud, dan al-Baihaqi)

2. Tidak terpikir untuk tidur lagi setelah santap sahur

Gara-gara kelamaan menunggu waktu shubuh, akhirnya ngantuk lagi, ketiduran, dan shalat Shubuh bablas ke masjidnya.

3. Mendapat keberkahan sahur karena mengikuti sunah mengakhirkan sahur

“Dahulu para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang-orang yang paling segera berbuka dan paling lambat sahur.” (HR. Abdurrozaq di dalam Al-Mushonnaf 4/226, no. 7591; dishahihkan oleh Al-Hafizh di dalam Al-Fath)

4. Terasa kenyang lebih lama

Karena sahurnya mendekati fajar Shubuh, in syaa Allah masih terasa kenyang ketika pagi tiba. Sedangkan orang yang sudah sahur dari jam 2, setengah 3 atau jam 3 mungkin sudah terasa lapar lagi.

Sumber ; ummi-online.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

PAMERAN KARYA SENI ISLAM INDONESIA DI ADELAIDE

Read Next

AMALAN ORANG KAFIR TIDAK DINILAI OLEH ALLAH?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + eleven =