4 TIPS DOKTER ZAIDUL AKBAR UNTUK HIDUP SEHAT

Hasil gambar untuk jurus sehat rasulullah zaidul akbar resep

JIC – Sebagai Umat Islam, kita semua tahu pasti tentang Rasulullah SAW yang benar-benar menerapkan pola hidup sehat. Bahkan tertulis dalam ayat di Al-Qur’an, ada anjuran muslim dan mukmin untuk menjalankannya. Menurut dr. Zaidul Akbar ketika kita ingin menerapkan hidup sehat maka kalbu (isi hati) harus bersih pula.

Dilansir detikcom, Zaidul menjelaskan, kalau fokusnya menjaga kesehatan isi hati atau kalbu maka satu piring ada analoginya. Ia bilang, satu piring isinya sabar, syukur, ikhlas, tawadu, pemaaf, dan rendah hati. Menurutnya, itu jauh lebih disukai dari makanan yang paling sehat di dunia. Zaidul memaparkan beberapa tips untuk mejalankan pola hidup sehat yang mengikuti sunah rasul. Berikut tipsnya:

PUASA SUNAH

“Karena sesungguhnya kalbu seseorang itu tidak terlalu suka makan, makanya Allah kasih puasa 30 hari, tapi orang-orang jahil bulan Ramadan bukan jadi sarana pembersih hati,” kata Zaidul.

Oleh karena itu, kata Zaidul, secara sains puasa itu luar biasa efeknya. Ia terkadang tak habis pikir mengapa harus butuh sains dulu untuk menjalani sunnah “Karena iman itu eggak butuh sains, tapi meyakini dulu,” ujar Zaidul.

MAKAN YANG HALAL DAN THAYYIB

Tidak hanya pola makan untuk bisa hidup sehat, kata Zaidul pola makan itu hanya sebagian kecil. Dalam Alquran diajarkan kalau makan harus halal dan thayyib, sesuatu yang tidak membuat masalah bagi tubuh kita.

“Misalnya makan mi instan itu halal tapi enggak thayyib,” kata Zaidul

BERHENTI MAKAN SEBELUM KENYANG

“Berhenti makan sebelum kenyang, saya menggunakan konsep nabi yang simpel karena ‘Tidak ada bencana yang lebih buruk dari perut manusia’. Kalau dia ingin makan berlebih maka jadikan sepertiga untuk makan sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk udara,” ujarnya.

Jadi, makan itu bagi orang muslim bukan untuk kenyang, makan itu untuk dia bisa beribadah. Begitu kata Zaidul, Bunda.

STOP MELAKUKAN HAL YANG BIKIN SAKIT

Konsep dasar Jurus Sehat Rasulullah adalah untuk sehat stop yang bikin sakit, remove masalahnya, misalnya kurangi makan makanan berminyak. Pelajarilah yang bikin sehat, ditambah belajar puasa.

“Enggak ada gunanya kita konsumsi makanan herbal kalau isi piring tidak dibetulkan. Membiasakan diri untuk makan sehat, kalau tidak ya tidak akan terbiasa, yang sehari-hari dimakan itu sampah,” tutur Zaidul.

Sumber : haibunda.com

Write a Reply or Comment

3 × 5 =