AGAR IBADAH HAJI TERASA TENTRAM, PERHATIKAN 3 HAL BERIKUT

JIC – Pergi haji adalah salah satu hal yang ada dalam Rukun Islam,terdapat di urutan ke-5 bila disebutkan. Rukun Islam sendiri adalah pondasi wajib bagi orang yang beriman dan dasar dari kehidupan muslim. Oleh karena itu semua hal yang disebutkan dalam Rukun Islam wajib dilaksanakan seperti syahadat, shalat, puasa, zakat dan pergi haji agar keimanan kita dapat menjadi lebih terasa sempurna.

Namun terdapat pengecualian yang berbeda pada rukun pergi haji, disematkan kata-kata “Jika Mampu” dalam penyebutanya. Mengapa demikian, hal ini terjadi karena pergi haji memerluhkan banyak tenaga dan biaya untuk menunaikannya. Pergi haji juga dilakukan hanya sekali seumur hidup, sangat berbeda dengan rukun shalat yang harus selalu di laksanakan.

Haji sendiri memiliki arti ziarah, sesuai dengan apa yang akan dilakukan di tanah suci nantinya, menyambangi beberapa tempat bersejarah dalam Agama Islam. Ziarah yang dilakukan pada pelaksanaan haji dimulai pada tanggal 8 sampai 12 zulhijjah. Maka dari itu, fisik serta tenaga harus sangat dipersiapkan sejak beberapa bulan sebelum keberangkatan. Tidak hanya itu saja, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin ibadah haji kita terasa lebih tentram;

PERSIAPAN FISIK DAN KESEHATAN

Sudah disinggung di atas bahwa kegiatan melaksanakan haji ini akan terasa lelah,terlebih lagi adanya perbedaan cuaca antara Indonesia dan Arab Saudi membuat calon jamaah haji perlu menyiapkan kondisi fisik dengan sebaik-baiknya.

Aturlah pola makan,jadikan olahraga sebagai rutinitas harian. Hal yang tak kalah penting periksakan kondisi kesehatan secara berkala. Dengan begitu saat tiba hari yang dinanti, baik fisik maupun kesehatan dapat siap sepenuhnya.

MENUKAR UANG SEBELUM KEBERANGKATAN

Persiapan lainya adalah menukarkan rupiah ke riyal atau mata uang Arab Saudi. Penukaranya dapat dilakukan pada money changer atau bank. Hindari penukaran di waktu mepet, seperti saat keberangkatan di bandara lantaran dapat terjadi perbedaan kurs atau bahkan stok yang ada tidak memenuhi lantaran banyak sekali orangf yang beribadah haji. Juga, bawalah uang seperluhnya demi keamanan sekaligus kenyamanan saat menjalankan ibadah haji.

PERSIAPAN RUHANI

Persiapan berhaji bukan hanya dalam bentuk fisik semata. Mempersiapkan ruhani kita sebelum pergi berhaji adalah hal yang tak kalah penting,mengumpulkan niat dan tekad bahwa selama berhaji dan sepulangnya kita mendapat revolusi diri yang sempurna;menuju pribadi yang paripurna.

Persiapan ini dilakukan dengan merefleksikan apa yang akan dibuat selama melaksanakan ibadah haji dan apa yang akan di lakukan setelah berhaji. Hal ini penting utuk dilakukan agar selama dan sepulang berhaji kita mendapatkan pengalaman yang dalam dan bermakna.

Persiapan itulah yang harus dipastikan ada sebelum berangkat haji, jangan sampai hal-hal penting tersebut dilupakan. Semoga beberapa hal di atas dapat menjadi pengingat sebelum Anda berangkat pergi haji.

Sumber : muslimahdaily.com

Write a Reply or Comment

nineteen − one =