AMF : PERAN MASJID SEBAGAI PUSAT KESATUAN DALAM MENCERMINKAN ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN

JIC – Malaysia menjadi tuan rumah pertama Festival Masjid ASEAN saat ini (07/12). Majelis para ulama dan perwakilan dari Asia Tenggara itu bertujuan mendefinisikan kembali, mendukung dan memperluas peran masjid dalam masyarakat di wilayah ini.

Peran masjid yang diangkat adalah masjid sebagai pusat kesatuan dalam menghadapi aksi terorisme yang sering dilakukan atas nama Islam.

Menurut penyelenggara, Dr. Muhammad Nawar Arifin keberhasilan masjid dalam menyatukan rakyat terbukti pada masa lalu. Oleh karena itu ia ingin ASEAN melihat masjid di luar bidang keagamaan bagi 240 juta umat Islam di wilayah ini.

Beberapa masjid diduga menjadi saluran untuk ekstremisme. Di Mesir misalnya, pemerintah dilaporkan memasang kamera CCTV di beberapa masjid untuk memantau dan mengontrol khutbah ekstremis.

Maka masjid-masjid di Asia Tenggara dilihat bisa menjadi katalis dalam menciptakan pemahaman dan rasa hormat karena berbagai etnis dan agama yang hidup berdampingan di wilayah ini.

PERLU BERSUARA TENTANG TOLERANSI DALAM ISLAM

Dalam pidatonya di peluncuran festival tersebut, Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak mengatakan bahwa wilayah ini harus menjadi himpunan umat bersatu di Asia Tenggara dan bersuara kepada dunia tentang konsep kesederhanaan dan toleransi dalam Islam, mengingat ada lebih 240 juta umat Islam di ASEAN. “Pesan bahwa Islam adalah agama perdamaian, keadilan dan inklusif perlu disebarluaskan” imbuhnya.

“Kita berada dalam situasi unik untuk melakukannya,” katanya dalam pidato yang dibacakan oleh Wakil Menteri di Departemen Perdana Menteri Datuk Dr Ashraf Wajdi Dusuki.

Datuk Seri Najib menegaskan bahwa itu merupakan sejarah Islam di wilayah ini yang perlu terus dipelajari dan dikembangkan untuk diri dan orang lain. Sehingga mereka tidak terpengaruh dengan kepalsuan perjuangan teroris yang mendiskreditkan Islam dan membawa kematian dan kehancuran kepada banyak orang.

Sumber: berita.mediacorp.sg

 

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

MENIRU KEBIASAAN MULIA RASULULLAH SETIAP HARI JUMAT

Read Next

BEGINI CARA ISLAM MEMPERHATIKAN ORANG SAKIT DAN CACAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =