APAKAH TIAP ISTIKHOROH SELALU MENDAPAT JAWABAN?

shalat-istikharah-whatisqurandotcom

JIC – Pernahkah melakukan shalat istikhoroh? Idealnya, shalat istikhoroh selalu dilakukan oleh muslim dan muslimah setiap kali hendak menentukan suatu keputusan dari beberapa pilihan.

Fungsi shalat istikhoroh ini adalah meminta kekuatan dari Allah untuk memantapkan hati dalam menjalankan suatu urusan. Baik itu berkenaan dengan masalah pernikahan, karir, dan lain sebagainya, yang jelas bukan sesuatu yang hukumnya wajib dan memang sudah jelas ketetapannya.

“Termasuk kemuliaan bani Adam adalah ia mau beristikharah kepada Allah, dan termasuk kedurhakaannya adalah manakala ia tidak mau beristikharah kepada Allah” (HR. Hakim)

Lalu, apakah setiap istikhoroh senantiasa mendapat jawaban dari Allah? Sedikit sekali orang yang mendapatkan pertanda baik berupa mimpi atau yang lainnya, biasanya jawaban istikhoroh ada pada kemantapan hati untuk memilih.

Sehingga, siapapun yang melakukan istikhoroh perlu mencermati ketenangan hatinya, mana kira-kira pilihan yang lebih memberi ketenangan hati, maka ikutilah pilihan tersebut!

“Kebaikan adalah apa yang membuat hati tenang dan mejadikan nafsu tenang, keburukan adalah apa yang membuat hati gelisah dan menimbulkan keraguan.” (HR. Ahmad)

Bagaimana dengan Rasulullah? Apa yang beliau lakukan setelah shalat istikhoroh? Ternyata beliau mendayagunakan segala kemampuan analisanya dalam memutuskan suatu perkara, dan beliau akan memilih yang termudah.

“Rasulullah ketika dihadapkan dua pilihan, beliau selalu memilih yang termudah selama itu tidak mengandung dosa, apabila itu mengandung dosa maka beliau menjauhinya.” (HR. Muslim).

Beliau pun ketika memilih sesuatu menggunakan analisa dan nalar beliau, namun selalu mengutamakan yang mudah.

Sahabat Ummi, ketahuilah bahwa setelah beristikhoroh, tetap pilihan ada di tangan kita, namun demikian, Allah akan memberi petunjuk dengan ketenangan dan kedamaian serta kemantapan hati dalam menjalankan keputusan tersebut. Sehingga tidak akan merasa menyesal orang yang melakukan istikhoroh.

“Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-sekali tidak ada pilihan bagi mereka (apabila Allah telah menentukan). Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan. Dan Tuhamnu mengetahui apa yang disembunyikan dalam dada mereka dan apa yang mereka nyatakan. Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagiNyalah segala puji di dunia dan di akhirat, dan bagiNyalah segala penentuan dan hanya kepadaNyalah kami dikembalikan (QS. al-Qashas 68-70)

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

4 HAL UNIK YANG BAKAL DIJUMPAI JEMAAH UMRAH DI TANAH SUCI

Read Next

CINTAILAH KEKASIH SEWAJARNYA, YAKINLAH LUKAMU TAK AKAN SELAMANYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =