ARAB SAUDI SIAPKAN 1 JUTA HEWAN KURBAN

Petugas haji menyaksikan pemotongan hewan kurban untuk membayar dam (denda) di Tempat Pemotongan Hewan (TPH) al-Muasim, Makkah, Arab Saudi.

JIC, JEDDAH — Pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan lebih dari satu juta hewan untuk prosesi kurban yang diperuntukkan bagi jamaah haji pada tahun ini. Hal itu diungkap Kepala Islamic Development Bank Group sekaligus pimpinan komite yang mengawasi proyek tersebut, Dr Bandar Al-Hajjar.

Menurut dia, pihaknya juga menyiapkan lebih dari 40 ribu juru sembelih lengkap dengan pengawas. Dilansir Arab News, Kamis (8/8), mereka akan bekerja sepanjang waktu untuk memenuhi permintaan jamaah.

Sementara itu, Badan Statistik Arab Saudi menunjukkan, sebanyak 30.908 orang (8.658 di antaranya adalah perempuan) akan dipekerjakan selama musim haji. Jumlah total tenaga medis yang dipekerjakan selama musim haji tahun ini ialah sebanyak 1.141 orang.

Otoritas setempat menjelaskan, layanan kesehatan, terapi, upaya pencegahan dan ambulans bagi jamaah akan diberikan secara gratis. Layanan itu diberikan oleh Departemen Kesehatan melalui tim khusus dokter, apoteker, perawat, teknisi, dan administrator dengan staf lebih dari 27.797.

Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi juga telah mengalokasikan 132 pusat bantuan sementara, 370 ambulan, 20 sepeda dan 2.811 orang untuk tim darurat dan tenaga kerja di Makkah, Madinah, dan tempat-tempat suci. Upaya dari otoritas ini mencakup semua layanan medis dan darurat bagi jamaah.

Otoritas Makanan dan Obat-obatan Saudi juga memiliki 300 staf. Mereka akan bertanggung jawab untuk mengawasi makanan, obat-obatan, peralatan medis dan produk yang dibawa oleh jamaah dan misi haji.

 

 

sumber : republika.co.id

Write a Reply or Comment

one × 2 =