BANYAK MANFAAT UNTUK KESEHATAN, INI LIMA OLAHRAGA ANJURAN NABI

JIC – Kesehatan merupakan dambaan setiap orang. Siapa pun, mulai dari orang tidak punya sampai yang berada pasti memilih sehat sebagai hal utama. Sehat tidak dapat dibeli uang, emas atau harta lainnya. Makanya, kita sering mendengar istilah ‘Sehat itu Mahal’.

Sehat itu rejeki dari Sang Maha Pemberi. Manusia sebagai makhluk tentu bisa menjaga kesehatan. Caranya banyak, misal dengan menjaga pola makan, pola tidur sampai olahraga yang teratur.

Nah yang ketiga ini, olahraga, sering dilupakan banyak orang. Di zaman yang serba canggih dan serba mudah, ternyata semakin banyak yang malas untuk bergerak. Padahal, olahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Alodokter, rutin olahraga ternyata memberikan manfaat besar baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Selain menyehatkan fisik, olahraga pun dipercaya dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga, misalnya berjalan, berlari, menari, berenang atau yoga, merangsang otot-otot dan berbagai bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Berapa pun usia kamu, bukti ilmiah membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat membuat tubuh lebih sehat dan bahagia. Penelitian bahkan membuktikan bahwa gaya hidup yang tidak aktif lebih berbahaya bagi kesehatan daripada obesitas. Beragam manfaat olahraga bagi tubuh yang bisa didapatkan, misalnya, mencegah penyakit jantung dan stroke, mengendalikan diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah nyeri punggung, menangkal obesitas, dan menekan risiko osteoporosis.

David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, mengatakan berolahraga dapat meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak. Berolahraga secara teratur juga dapat memperlambat proses penuaan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup, misalnya memperbaiki suasana hati, menumbuhkan kepercayaan diri, mengatasi stress, membuat tidur lebih nyenyak, mengembalikan gairah seksual, menikmati waktu menyenangkan dan lainnya.

Olahraga Anjuran Nabi

Sebagai muslim, Nabi Muhammad SAW tentu menjadi panutan hidup. Ternyata, beliau juga menyarankan umatnya agar rajin olahraga. Dalam beberapa hadist, Rasulullah bahkan menyebutkan beberapa macam olahraga yang baik untuk tubuh.

Dikutip dari gomuslim, merangkum jenis olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW. Meski begitu, olahraga yang tidak dianjurkan bukan berarti tidak ada manfaat bagi kesehatan.

Lari

Lari merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan. Karena lari, tidak memerlukan bantuan alat apa pun. Cukup berlari mengelilingi lapangan atau berlari di sepanjang sisi jalan. Olahraga ini pun menjadi anjuran Rasulullah SAW. Beliau pernah mengajak Siti Aisyah RA. untuk berlomba lari.

Diceritakan oleh Aisyah RA, “Rasulullah SAW mendahuluiku, kemudian aku mendahului beliau, begitulah seterusnya. Hingga saat badanku sudah gemuk, kami pernah berlomba dan beliau yang memenangkan perlombaan itu. Kata beliau, “Kemenangan kali ini merupakan balasan atas kekalahan yang lalu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Hadist ini merupakan contoh dari kebiasaan Nabi berolahraga. Bisa kita contoh di kehidupan sekarang. Di wilayah perkotaan, biasanya ada Car Free Day (CFD) setiap hari minggu. Pada momen inilah biasanya masyarakat berolahraga bersama keluarga.

Selain murah, lari juga termasuk olahraga yang bisa dilakukan kapan saja. Banyak manfaat lari bagi tubuh, termasuk untuk menurunkan risiko dari segala macam penyakit berbahaya. Beberapa manfaat lari untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat memperlancar aliran darah, serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Di samping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik.

Berenang

Segala sesuatu yang bukan merupakan zikir kepada Allah adalah perbuatan yang sia-sia dan lalai, kecuali empat perkara: Seseorang bermain-main dengan istrinya, seseorang melatih kudanya, berjalannya seseorang diantara dua tujuan (berlari dari garis start sampai finish) dan belajar berenang.” (HR An Nasai)

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Rabi’ Al-Anshari juga diberitakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Ajarilah anak-anakmu berenang dan melempar lembing. Sebaik-baiknya mainan perempuan mukmin di rumahnya adalah menenun, dan apabila kedua orangtuamu memanggil maka utamakan ibumu.” (HR Ibnu Mundan dan Abu Musa dalam kita Jam’ul Jawami’ karangan Imam Suyuthi).

Berenang juga merupakan olahraga yang dianjurkan dan banyak manfaat bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Beberapa manfaat dari berenang diantaranya dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang, menyehatkan jantung dan paru-paru, latihan kardio, menurunkan berat badan, meningkatkan tinggi badan, menyingkirkan stres dan depresi, meningkatkan keseimbangan, awet muda dan banyak lagi.

Panahan

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman: “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya, sedang Allah mengetahuinya…” (QS Al-Anfal {8}; 60)

Saat ini, panahan menjadi olahraga yang cukup banyak digemari muslim. Hal ini karena olahraga memanah memang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Olahraga ini memberikan banyak manfaat secara fisik dan kesehatan mental.

Manfaat tersebut diantaranya, dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan, meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari, membangun kekuatan tubuh, meningkatkan kesabaran, membangun kepercayaan diri, olahraga sosial,  latihan kebugaran, merelaksasi tubuh.

Panahan juga dapat melatih konsentrasi, ketenangan, keseimbangan dan kesetabulan emosi. Jika saat memanah emosi seseorang sedang tertekan maka biasanya anak panah akan meleset dari sasaran.

Berkuda

Olahraga yang dianjurkan selanjutnya adalah berkuda. Olahraga ini sangat baik untuk kesehatan. Seluruh anggota tubuh atau badan dari kepala sampai kaki, dari fisik hingga mental akan dapat manfaatnya. Bentuk lekuk punggung belakang kuda (tempat tunggangan) baik untuk merawat segala masalah tulang belakang manusia.

Berkuda juga merupakan olahraga yang menyenangkan. Mengendarai kuda bisa meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Beberapa manfaat dari berkuda yakni menyeimbangkan tubuh, menguatkan otot, meningkatkan daya lihat, membakar kalori, dan mengurangi kecemasan.

Tujuan dari latihan memanah, berkuda dan berenang, itu tidak lain terkait dengan konteks zaman dahulu supaya melatih kesiapan berperang para pemuda.

Melempar Lembing

Olahraga lempar lembing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya seperti membangun fondasi kondisi tubuh secara keseluruhan, kekuatan dan kebugaran, menjadikan tubuh fleksibel dan meningkatkan jangkauan gerakan, menguatkan tubuh, menguatkan otot tubuh, dan meningkatkan pertimbangan.

Dengan demikian, semua anjuran olahraga dari Rasulullah SAW memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Bagi umat Islam, tidak ada salahnya untuk mencoba semua jenis olahraga yang telah disebutkan dalam artikel ini.

Sumber : gomuslim.co.id

Write a Reply or Comment

eight − three =