BANYAK MASJID KEKERINGAN AKIBAT KEMARAU

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN — Dampak kemarau panjang dirasakan jamaah masjid di lereng Gunung Merapi. Hujan yang belum juga turun membuat banyak masjid kekeringan. Alhasil, jamaah pun kesulitan untuk berwudhu dan menyelesaikan mandi cuci kakus (MCK).

Data sementara menyebutkan, terdapat 19 masjid di empat kecamatan, yakni Kemalang, Jatinom, Karangnongko, Manisrenggo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengalami krisis air. Untungnya, pengurus Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Klaten langsung menyalurkan sedakah air dari dana umat. Sebanyak 35 tangki ukuran 5.000 liter air bersih disalurkan ke 19 masjid yang sedang kekeringan.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Syariah Bazda Kabupaten Klaten, Retno Fithrotin menjelaskan, bantuan air bersih dikhususkan untuk sejumlah masjid yang krisis air. Retno mengungkapkan, pengadaan air bersih sudah menjadi program tahunan. Ada pun sumber dananya berasal dari infak Ramadhan 2014 lalu. Biasanya, dana disalurkan membantu masyarakat umum. Tahun ini, bantuan difokuskan untuk membantu jamaah masjid yang mengalami krisis air baku.

Sebanyak 35 tangki air bersih disalurkan ke 19 masjid di empat kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Jatinom 10 tangki yang dibagi ke lima masjid, Kecamatan Karangnongko ada 11 tangki untuk delapan masjid, Kecamatan Kemalang 12 tangki untuk empat masjid, dan Kecamatan Manisrenggo, dua tangki untuk dua masjid.

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

PEMERINTAH: IDUL ADHA 5 OKTOBER

Read Next

ANAK BETAWI PERGI NGAJI “SAMBIL” HAJI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =