BENARKAH SELURUH KITAB SUCI DITURUNKAN SAAT RAMADHAN?

Sejumlah riwayat menyebut kitab suci diturunkan saat Ramadhan. Alquran (ilustrasi).                  Foto: ANTARA

Sejumlah riwayat menyebut kitab suci diturunkan saat Ramadhan

JIC, JAKARTA— Kitab-kitab suci Allah SWT yang diturunkan pada sejumlah nabi dan rasul berlangsung saat Ramadhan, tak terkecuali Alquran. Dan ternyata keseluruhan Alquran telah diturunkan dari Lauhul Mahfuz ke langit dunia saat Ramadhan.

“Selanjutnya, Alquran diturunkan secara berangsur-angsur menurut kepentingannya selama 23 tahun,” kata Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi dalam kitab Fadhilah Ramadhan.

 

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya menyampaikan, Nabi Ibrahim AS telah menerima shuhufnya pada 1 atau 3 Ramadhan. Nabi Dawud menerima Zabur 18 atau 12 Ramadhan, Nabi Musa AS menerima Taurat 6 Ramadhan. Nabi Isa AS menerima Injil tanggal 12 atau 13 Ramadhan.

“Dari situ dapat diketahui adanya hubungan yang erat antara kitab-kitab suci dan bulan Ramadhan,” katanya.

Oleh karena itu kata Syekh Maulana Muhammad zakariyya hendaknya kita membaca Alquran sebanyak mungkin pada bulan ini. Demikian kebiasaan para waliyullah.

Malaikat Jibril pun membacakan seluruh Alquran kepada baginda Nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadhan, setiap tahun. Riwayat lain menyatakan bahwa baginda Nabi SAW yang membaca dan malaikat Jibril yang mendengarkan.

Sumber : Republika.co.id

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

QATAR AKAN BANGUN ENAM GEDUNG PUSAT PENGAJARAN ALQURAN

Read Next

MESIR IZINKAN TARAWIH JAMAAH DI MASJID SELAMA RAMADHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =