BERGERAK BISA BUAT MENTAL JADI LEBIH SEHAT SAAT WFH

Berikut cara agar Anda bisa lebih sehat secara mental dan terbebas dari depresi meskipun banyak berada di rumah.(iStock/NoSystem images)

Jakarta, JIC — Saat pandemi, kehidupan dan pergerakan manusia terbatas. Dari yang biasanya bepergian ke berbagai tempat, kini terpusat di satu tempat atau di rumah saja.Rumah menjadi tuan rumah untuk mengetik, makan, olahraga, olahraga, masak, bekerja, sampai tidur. Bekerja dari rumah juga bisa menimbulkan kelelahan, Anda harus menjaga tingkat stres kita sama pentingnya ketika Anda di kantor

Dalam beberapa kondisi, garis antara karier dan kehidupan menjadi kabur. Selain itu, selama di rumah, selama bekerja, Anda juga kerap tak bergerak sepanjang hari. Tahukah Anda kalau ini ternyata hanya menambah tekanan mental yang dihadapi saat ini.

“Ada masalah yang bakal timbul karena duduk terlalu lama,” kata Zoe Williams, GP dan anggota Strong Women Collective dikutip dari Stylist.

“Ini bisa membuat tubuh kita mengalami peradangan yang sebenarnya memiliki efek besar pada otak dan bisa mempengaruhi mood kita,” jelasnya.

Faktanya, peradangan telah dikaitkan dengan gangguan seperti stres, kecemasan, dan depresi, dan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biological Psychiatry, menunjukkan bahwa ada penurunan suasana hati yang signifikan hanya tiga jam setelah respons inflamasi peserta terpicu.

Jalan-jalan saat bekerja dari rumah dapat mendukung kesehatan mental Anda. Penelitian dari University of Illinois pada tahun 2012 menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan sitokin antiinflamasi.

“Ketidakaktifan fisik dan perilaku berdiam diri adalah dua hal terpisah. Anda bisa menjadi seseorang yang sangat aktif secara fisik, bersepeda setiap hari atau pergi ke gym. Tetapi jika Anda kemudian duduk selama sembilan jam sehari, Anda juga tidak banyak bergerak. Atau, Anda mungkin seseorang yang banyak bergerak sepanjang hari tetapi tidak melakukan aktivitas apa pun.

“Jadi, istirahat sangat penting untuk mengurangi perilaku tidak aktif dan “menciptakan perubahan metabolisme yang menguntungkan bagi kesehatan fisik dan mental,” jelas Williams.

Sekitar 15 menit berjalan atau berlari sehari dapat mengurangi risiko depresi sebesar 26 persen, dalam studi terbaru yang dilakukan oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health dan 10 menit peregangan juga telah terbukti mengurangi tingkat kecemasan, menurut penelitian oleh University of Zaragoza, Spanyol.

Berikut cara agar Anda bisa lebih sehat secara mental dan terbebas dari depresi meskipun banyak berada di rumah.

1. Jalan kaki

Ketika Anda tengah melakukan hubungan telepon maka Anda bisa menelepon sembari berjalan-jalan.

Walkers pace themselves along the boardwalk that lines the north side of the Manayunk Canal in Manayunk PA. 2008-01-13.Foto: morgueFile/jzlomek
ilustrasi olahraga

2. Hindari menggunakan lift

Tidak masalah saat Anda di rumah, karena kebanyakan dari kita tidak memasang eskalator di rumah. Tetapi jika Anda kembali ke kantor, naik turun tangga adalah cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

3. Pindahkan tempat sampah

Sebagian besar dari kita menginginkan ruang kerja yang rapi, jadi jika Anda meletakkan sampah di ruangan lain, Anda tidak punya pilihan selain berjalan ke tempat lain saat Anda merobek halaman dari buku catatan atau menghabiskan makanan ringan Anda. Dengan demikian Anda bakal lebih banyak bergerak.

(chs)

Sumber : cnnindonesia.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

BELUM ADA EFEK LIBUR PANJANG, PASIEN RSD WISMA ATLET MENURUN

Read Next

BLT RP2,4 JUTA GURU HONORER KEMENAG TINGGAL TUNGGU KEMENKEU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − five =