BIAYA HAJI NAIK, KEMENAG JANJI ADA PENINGKATAN PELAYANAN

JIC – Kementerian Agama dan DPR RI sepakat untuk menaikkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 2018 menjadi Rp35,2 juta. Kemenag menjanjikan kenaikan ongkos tersebut dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan kepada jemaah haji.

Peningkatan layanan tersebut dijalankan lewat penambahan petugas haji menjadi 4.100 orang. Di tahun sebelumnya petugas haji berjumlah 3.500 orang.

Selain jumlah petugas, tahun ini jemaah haji juga akan mendapatkan makan sebanyak 40 kali di Mekah, sementara di Madinah sebanyak 18 kali. Tahun lalu, jemaah haji hanya mendapatkan makan sebanyak 25 kali di Mekah.

Terkait pemondokan, sistem sewa di Madinah akan menggunakan sistem full musim dan blocking time sesuai kedatangan jemaah. Pada musim haji 2017, sistem sewa hanya menerapkan blocking time jemaah yang tinggal selama 41 hari di Arab Saudi.

Fasilitas lain yang turut ditingkatkan yaitu kualitas tenda, toilet di Armina, dan peningkatan kualitas bus menuju Armina. Di tahun ini, jemaah haji akan menggunakan koper, tas, dan seragam batik dengan kualitas yang lebih baik.

Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin, mengapresiasi kesepakatan antara Panja BPIH DPR dengan Pemerintah. Ini karena kesepakatan mampu dicapai lebih awal.

” Dilihat dari proses dan sisi waktu yang lebih awal dan ini sangat membantu kami untuk mempersiapkan segala sesuatunya ketika BPIH ini ditetapkan, dan disepakati dengan relatif waktu lebih pendek,” ujar Lukman.

Sumber : dream.co.id

Write a Reply or Comment

4 × 5 =