CIANJUR SIAP TERAPKAN WISATA SYARIAH

1 Gunung-padang

JIC – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur, Jabar, akan menerapkan program wisata syariah untuk memperkuat citra daerah sebagai Kota Santri dan kental dengan budaya Islami.

Kepala Disbudpar Cianjur, Aban Sobandi, saat dihubungi Sabtu (23/4), mengatakan, wisata syariah tersebut sudah dicanangkan sejak lama. Namun baru akan diterapkan tahun ini.

Pihaknya akan menyosialisasikan dan mengimbau seluruh pengusaha hotel, penginapan, dan restoran mengikuti program tersebut.”Dalam program wisata syariah ini, pengusaha hotel, penginapan, losmen atau restoran didorong untuk menyediakan fasilitas ibadah, seperti mushalla, alat shalat dan Alquran. Khusus untuk hotel, di setiap kamar wajib ada penunjuk arah kiblat, sehingga wisatawan yang datang tidak perlu bingung mencari arah kiblat ketika hendak shalat,” katanya.

Dia menjelaskan, pengelola hotel atau penginapan diarahkan untuk menyediakan Alquran di laci kamar, agar wisatawan yang beragama Islam dapat tetap mengaji ketika berwisata.

Ia menegaskan, program tersebut tidak akan melanggar aturan apapun. Meski tidak semua wisatawan yang datang ke Cianjur beragama Islam, namun program tersebut tetap bisa dijalankan.

“Ini hanya penambahan fasilitas terutama bagi umat Islam yang berlibur ke Cianjur. Selama ini Cianjur, dikenal kental dengan adat dan budaya Islam, jadi fasilitasnya difokuskan ke sana,” katanya.

ADia mengharapkan, dengan adanya program tersebut diharapkan dapat mendorong wisatawan untuk datang ke Cianjur, di samping mengunjungi objek wisata yang beragam dengan berbagai fasilitas diupayakan tersedia.”Ini sebagai dukungan dalam program bupati yang bervisi membuat Cianjur maju dan agamis,” katanya.

Sumber : Antara

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

MASJID INI TERBUKA UNTUK MASYARAKAT INGGRIS YANG INGIN MENGENAL ISLAM

Read Next

PEMERINTAH BELUM MAMPU SATUKAN KRITERIA HISAB-RUKYAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − ten =