DAYA TARIK MASJID RAMLIE MUSTOFA YANG RAMAH DISABILITAS

Interior Masjid Ramlie Mustofa, Sunter, Jakarta Utara     Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana

Masjd Ramlie Mustofa bukan sebatas sebagai tempat ibadah semata.

JIC, JAKARTA — Tak hanya sebagai Ibu Kota, Jakarta juga menyimpan beberapa destinasi wisata yang menarik. Salah satunya, destinasi wisata Islam.

Tepatnya berada di Utara Jakarta. Terdapat sebuah masjid yang mencuri perhatian para pelancong yang berkunjung ke Jakarta. Yaitu, Masjid Ramlie Musofa di Kawasan Danau Sunter. Bentuk dan arsitektur bangunannya sering disebut sebagai Taj Mahalnya Jakarta.

Masjid ini memiliki perpaduan unsur budaya Arab, Melayu, dan China. Menurut informasi yang didapat, Masjid ini dulunya didirikan oleh seorang Muslim Tionghoa yang menjadi seorang mualaf.

Pada tembok samping tangga masjid, terdapat ukiran tipis di dinding berbahasa Mandarin yang dipadukan dengan bahasa Arab dan tentunya juga bahasa budaya kita Indonesia. Tujuannya untuk mempermudah muallaf dan wisatawan asing yang berasal dari China atau Timur Tengah yang ingin berkunjung ke Masjid Ramli Musofa.

Warnanya yang putih menambah kemiripan seperti Taj Mahal yang berada di India. Fasilitas yang ada di masjid ini pun terbilang sangat ramah terhadap para penyandang disabilitas. Seperti ruang khusus, toilet serta tempat wudhu yang memang diprioritaskan bagi para penyandang disabilitas.

Untuk menuju tempat salat, masjid ini juga menyediakan lift agar mereka dapat dengan mudah melakukan salat.

Kini, Masjd Ramlie Mustofa pun bukan sebatas sebagai tempat ibadah semata. Namun, Masjid ini menjadi tempat wisata religi di Jakarta.

sumber : Republika.co.id

Write a Reply or Comment

5 × 3 =