DEWAN FIQH AMERIKA UTARA RESMI TETAPKAN AWAL RAMADHAN PADA 16 MEI 2018

JIC – Muslim di Amerika Utara akan menyambut bulan suci Ramadhan pada hari Rabu, 16 Mei 2018. Penetapan ini diresmikan berdasarkan perhitungan astronomi lembaga keIslaman setempat.

“Hari pertama Ramadan 1439 adalah pada hari Rabu, 16 Mei 2018, insyaAllah. Doa Tarawih pertama akan diadakan pada Selasa malam, ”demikian bunyi pernyataan dari Dewan Fiqh Amerika Utara, Fiqh Council of North America (FCNA).

Berdasarkan keterangan resmi FCNA, seperti dilansir publikasi AboutIslam, Selasa, (17/04/2018), The Astronomical New Moon adalah pada Selasa, 15 Mei 2018, pada 11:47 Universal Time.  Pada hari itu, di suatu tempat di Samudera Pasifik saat matahari terbenam, perpanjangannya 8 derajat dan bulan adalah 5 derajat di atas matahari, “ jelas keterangan resmi FCNA.

Mengutip FCNA, kelompok warga Muslim Amerika Utara juga menegaskan awal Ramadan pada 16 Mei, berbagi pernyataan FCNA yang dipublikasikan di situs webnya.

Bulan Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam. Pada bulan Ramadhan, Muslim diperintahkan untuk menjauhkan diri dari makanan, minuman, merokok dan seks antara subuh sampai  matahari terbenam.

Umat Muslim mendedikasikan waktu mereka selama bulan suci untuk lebih dekat dengan Allah melalui doa, pengendalian diri, dan perbuatan baik. Mereka dianjurkan untuk  menghabiskan sebagian dari hari-hari selama Ramadhan mempelajari Alquran. Tak hanya itu, umat muslim juga melakukan i`tikaf untuk menghabiskan 10 hari terakhir setiap bulan secara eksklusif di masjid terdekat.

Sumber : gomuslim.co.id

Write a Reply or Comment

20 − 17 =