DOA-DOA TERBAIK YANG DIABADIKAN DALAM AL-QUR’AN

JIC – Doa memiliki kekuatan besar untuk mendapatkan anugerah hidup dan kehidupan yang baik dalam segala hal. Karena itu jangan pernah bosan untuk berdoa. Mulai dari keadaan paling menyenangkan hingga keadaan paling sulit. Kita harus tetap memanjatkan doa kepada Sang Khaliq untuk mendapatkan keberkahan dalam hidup.

Doa yang kita panjatkan bisa dengan bahasa sendiri agar terasa lebih dekat kepada Allah swt dan kita bisa lebih leluasa mencurahkan segala isi hati dan juga meminta permohonan kepada Allah swt. Memang terdapat banyak doa dalam bahasa Arab yang juga perlu kita pelajari karena Al-Quran pun mengandung bahasa Arab, dan bahkan akan lebih afdol lagi jika kita bisa mengerti akan doa yang kita ucapkan dalam bahasa Arab.

Ada banyak doa yang bisa kita panjatkan dalam bahasa Arab. Di samping itu, untuk berbagai hal kita juga bisa berdoa dengan bahasa sendiri yang tentu harus sopan dan disertai puji-pujian kepada Allah SWT.

Ada beberapa kumpulan doa terbaik Para Nabi yang diabadikan Allah dalam al-Qur’an yang bisa kita pelajari dan terapkan setiap hari seperti:

  1. Doa Nabi Musa AS dalam Surat Thoha 25-28

Doa memohon ampun: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku, karena itu ampunilah hamba. Maka Allah mengampuninya, bahwa Allah sesungguhnya Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa menghadapi Firaun: “Ya Allah, lapangkanlah dadaku serta mudahkanlah urusanku dan lepaskanlah kakunya lidahku sehingga mereka mengerti akan perkataanku.”

  1. Doa Nabi Ayub dalam Surat Al-Anbiya 83

Doa kesabaran dan mohon sembuh: “Ya Tuhanku, sungguh aku telah ditimpa dengan penyakit dan Engkau-lah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”

  1. Doa Nabi Yunus dalam surat Al-Anbiya 87

Doa saat dibuang kedalam laut: “Tidak ada Tuhan selain Allah, Maha Suci Allah, Sungguh hamba termasuk orang yang berbuat aniaya.”

  1. Doa Nabi Sulaiman dalam surat An-Naml 19

Doa saat mendengar suara semut: “Ya Allah, anugerahkanlah hamba ilham untuk bisa tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada orang tuaku serta agar aku bisa mengerjakan kebajikan dengan keridhoan-Mu dan masukkanlah hamba dengan rahmat-Mu kepada golongan orang yang shalih.”

Semoga bermanfaat.

Sumber: Ummi online

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

WAHAI MUSLIMAH INSPIRING, INI KABAR BAIK UNTUK MU

Read Next

PENGARUH MUSIC BAGI PERADABAN ISLAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + thirteen =