DOA UNTUK MEMBERSIHKAN HATI DARI SIFAT BURUK

JIC – Hati merupakan penentu dari jiwa seorang Muslim. Kebersihan hati dapat menjaga seorang Muslim terhindar dari perbuatan tercela.

Sayangnya, hati tidak selamanya bersih. Banyak penyakit yang kerap menghinggapi hati manusia seperti iri, dengki, dendam, sombong, dan sebagainya.

Hati yang terkena penyakit dapat mengarahkan manusia untuk berbuat nista. Bahkan dapat mendatangkan bahaya.

Wajarlah jika banyak ulama yang menganjurkan umat Islam untuk senantiasa membersihkan hati. Semata demi meraih rida Ilahi.

Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan sebuah doa untuk membersihkan hati. Doa ini tercantum dalam hadis riwayat Muslim dari Zaid bin Arqam Radliyallahu ‘Anha.

BERIKUT DOA TERSEBUT

Allahumma ati takwaha wa zakkiha anta khoiru man zakkaha anta waliyyuha wa maulaha. Allahumma inni a’uzubika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qolbin la yakhsya’u wa min nafsin la tasyba’u wa min da’watin la yustabu laha.

Artinya,

“Ya Allah, karuniakan ketakwaan pada jiwaku. Sucikanlah ia, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik yang mensucikannya, Engkau-lah yang menjaga serta melindunginya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak manfaat, hati yang tidak khusyuk, dan doa yang tidak dikabulkan.”

Sumber : dream.co.id

Write a Reply or Comment

two × four =