DUA JENIS TAUBAT YANG TERLAMBAT

taubatt

JIC – Manusia terbaik bukanlah manusia yang tidak pernah melakukan dosa sama sekali, tetapi manusia terbaik adalah manusia yang mau menyadari kesalahannya dan tidak mengulangi kembali kesalahan tersebut.

Pintu ampunan Allah Ta’ala akan selalu terbuka bagi setiap hamba-Nya. Sehingga seseorang yang bertaubat dengan diiringi niat hati yang sungguh-sungguh, akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Akan tetapi ada waktu dimana pintu taubat di tutup dan ampunan tidak lagi diberikan. Sehingga taubat yang dilakukan menjadi terlambat. Bahkan iman dan amal seseorang tidak lagi berguna pada saat itu. Dengan demikian manusia benar-benar dalam kerugian yang sangat besar. Lantas kapankah saat itu ?

Ketika Matahari Telah Terbit dari Arah Terbenamnya

Rasulullah SAW menyebutkan bahwa ketika matahari telah terbit dari arah terbenamnya, maka hal itu merupakan tanda atau isyarat akan segera terjadi kiamat. Dimana dunia akan hancur dan kehidupan berakhir.

Pada saat itu pula lah pintu taubat akan ditutup dan iman serta amal seseorang (yang belum beriman dan beramal) tidaklagi berguna. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sehingga matahari terbit dari tempat terbenamnya, apabila ia telah terbit dari barat dan semua manusia melihat hal itu maka semua akan beriman, dan itulah waktu yang tidak ada gunanya iman seseorang yang belum pernah beriman sebelumnya itu,” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketika Sakaratul Maut

Ketika ajal menjemput, tidak ada lagi gunanya seseorang bertaubat meminta ampunan kepada Allah SWT. Sebab pada saat itu pintu taubat telah ditutup, sehingga taubat yang dilakukan adalah taubat yang terlambat.

Sebagaimana firman Allah SWT, “Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang diantara mereka, (barulah) ia mengatakan, ‘Sesungguhnya aku bertaubat sekarang…’” (QS. An-Nisa’: 18)

Sumber : dream.co.id

Write a Reply or Comment

5 × two =