EMPAT HARI 2 SURVEI, KISARAN 60 PERSEN PUAS DENGAN JOKOWI

Presiden RI Joko Widodo menjalani periode kedua kepresidenan setelah memenangkan Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, JIC — Dua lembaga merilis survei kepuasan publik terhadap kerja Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam kurun waktu empat hari saja.Dua lembaga itu adalah Indo Barometer dan Populi Center.

Dalam survei yang dirilis Kamis (5/11), Indo Barometer mencatat total 64,6 persen masyarakat puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam satu tahun pemerintahan periode kedua 2019-2024.

“Sebesar 64,6 persen publik puas dengan kerja Presiden Joko Widodo. Yang tidak puas 33,1 persen, tidak tahu/tidak jawab 2,3 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam keterangan tertulis kepada CNNIndonesia.com, Kamis (5/11).

Qodari mengatakan hasil survei tersebut lebih baik dari periode pertama Jokowi. Pada September 2015, Indo Barometer mencatat kepuasan terhadap Jokowi hanya 46,0 persen. Sementara 51,1 persen menyatakan tak puas.

Pada survei terkini, Indo Barometer menemukan sejumlah alasan responden yang puas dengan kerja Jokowi. Beberapa di antaranya adalah Jokowi mempunyai hasil kerja nyata (27,1 persen), Jokowi orangnya merakyat (20,1 persen), serta banyak pembangunan infrastruktur (19 persen).

Selain itu, ada pula sejumlah alasan dari responden yang tidak puas. Beberapa di antaranya adalah pemerintahan Jokowi menguntungkan pihak tertentu (16,4 persen), banyak tenaga kerja asing (13,4 persen, dan perekonomian Indonesia menurun (13,1 persen).

Survei itu digelar Indo Barometer pada 10-17 Oktober 2020 terhadap 1.200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar sekitar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Presiden Joko Widodo (kanan) memberi salam kepada warga saat meninjau proses distribusi sembako tahap ketiga bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak COVID-19 di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.Presiden RI Joko Widodo (kanan) memberi salam kepada warga saat meninjau proses distribusi sembako tahap ketiga bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak Covid-19 di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Populi Center

Empat hari setelah Indo Barometer, lembaga survei Populi Center juga merilis hasil survei mereka soal persepsi publik terhadap kinerja Jokowi di satu tahun periode kedua kepresidenannya.

Populi Center menemukan tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi berda di angka 60,7 persen (53,2 persen pusa dan 7,5 persen sangat puas). Namun, angka tersebut tak menggembirakan bila dibandingkan dengan survei lembaga tersebut setahun lalu.

“Mengalami penurunan jika dibanding survei di bulan November 2019 dengan 65,1 persen. Sementara masyarakat yang menilai tidak puas dengan kinerja Presiden sebesar 36,1 persen (33,3 persen tidak puas dan 2,8 persen sangat tidak puas), angka ini naik dibanding survei sebelumnya yakni 17,7 persen,” demikian rilis Populi Center, Senin (9/11).

Dalam penjelasannya, Populi Center menduga penurunan kepuasan, serta naiknya ketidakpuasan dipengaruhi pandemi Covid-19 yang membuat kinerja pemerintahan Jokowi kurang optimal.

Sementara untuk kinerja setahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin mayoritas masih menilai baik yakni 68,7 persen. Di luar itu, 25,6 persen menjawab buruk dan 5,3 persen tidak tahu atau tak menjawab.

Survei Populi Center ini dilakukan pada 21-30 Oktober 2020. Survei melibatkan 1.000 orang responden di 100 kabupaten/kota yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

Populi Center menggunakan margin of error 3,10 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dalam survei kali ini.

(dhf/kid)

Sumber : cnnindonesia.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

WARGA PALESTINA LEGA TRUMP KALAH DALAM PILPRES AS

Read Next

JIC DAN RUMAH ZAKAT GELAR SHARING SESSION BERSAMA AISHA DAHLAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 12 =