Ensiklopedia Islam Senilai Jutaan Dollar Buka Mata Rusia

Yayasan yang mendukung budaya, ilmu pengetahuan dan pendidikan Islam beserta Pusat Penelitian Islam Turki akan bersama-sama mempublikasikan Ensiklopedia Islam Rusia. “Ensiklopedia Islam di Rusia tersebut yang diharapkan hadir dalam empat jilid, akan berisi artikel tentang sejarah, kondisi modern dan perkembangan Islam di Federasi Rusia, kegiatan organisasi Islam dan instansi pendidikan tinggi Islam,” kata perwakilan Yayasan kepada Interfax-Religion pada hari Senin.

 

MOSKOW (Berita SuaraMedia) – Yayasan yang mendukung budaya, ilmu pengetahuan dan pendidikan Islam beserta Pusat Penelitian Islam Turki akan bersama-sama mempublikasikan Ensiklopedia Islam Rusia.

Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin tengah berdiskusi dengan para pemimpin Muslim mengenai perkembangan Muslim di negara Kristen Ortodoks tersebut

“Ensiklopedia Islam di Rusia tersebut yang diharapkan hadir dalam empat jilid, akan berisi artikel tentang sejarah, kondisi modern dan perkembangan Islam di Federasi Rusia, kegiatan organisasi Islam dan instansi pendidikan tinggi Islam,” kata perwakilan Yayasan kepada Interfax-Religion pada hari Senin.

Direncanakan untuk menerbitkan 5 ribu eksemplar, perkiraan nilai dari proyek ini adalah satu juta Dollar AS. Yayasan tersebut dan Pusat Penelitian Islam sedang berupaya untuk membiayai itu dalam porsi yang setara, ujar perwakilan dari badan yang diwawancarai itu.

Edisi itu akan didasarkan pada Ensiklopedi Islam yang Agung dalam 43 volume yang akan diterbitkan di Turki dengan dukungan dari Pusat Penelitian Islam.

Seperti yang diharapkan, pekerjaan mencetak ensiklopedia Islam Rusia akan dilakukan dalam dua tahap dan akan memakan waktu tiga tahun. Pertama, edisi akan disesuaikan, diperbaharui dan diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia. Kemudian, pada tahap kedua, edisi akan dicetak.

Rumah penerbitan Algorithm sebelumnya pada tahun 2008 telah menerbitkan ensiklopedia berbahasa Rusia bertajuk “Modern Islam in Russia” sebagai bagian dari program Departemen Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia yang berusaha untuk melatih ahli pada budaya dan sejarah Islam antara 2007 dan 2010. Program ini sedang dilaksanakan oleh Moskow State Linguistic University.

“Ensiklopedia itu adalah publikasi pertama yang komprehensif yang menawarkan sejarah dan pandangan geografis dari masyarakat Islam Rusia secara keseluruhan dan masyarakat daerah. Buku ini menggambarkan semua aspek pekerjaan Muslim di Rusia, mulai dari bidang politik dan organisasi-organisasi Muslim nonpemerintah, kelompok radikal pseudo-Islam, madrasah, media Muslim, penerbitan, perusahaan industri halal,” rumah penerbitan tersebut mengatakan kepada Interfax-Religion.

Volume tersebut menyediakan informasi kontak pada sebagian besar organisasi-organisasi Muslim yang dijelaskan. Publikasi dapat digunakan sebagai sumber referensi pada semua aspek Islam modern. Ini berisi biografi para pemimpin Muslim utama dan lebih dari 300 ilustrasi dan peta.

Struktur dari 50 Ensiklopedia Islam itu dipinjam dari World Christian Encyclopedia dari David D. Barrett,  penerbit Algorithm kepada Interfax.

Tujuan dari ensiklopedia itu adalah untuk menjelaskan budaya etnis Muslim di negara di mana Kristen Ortodoks sangat dominan.

Bagian I dari ensiklopedia itu adalah ikhtisar dari kehidupan masyarakat Islam Rusia saat ini, yang mencakup etnis, agama, dan fitur administratif-teritorial, serta pendidikan Islam secara spesifik, penerbitan buku, liputan media dan struktur politik.

Bagian II menyajikan rincian sejarah dan kehidupan kontemporer Muslim di daerah Rusia.

Pembaca akan diberikan peta geografis, ilustrasi, informasi tentang tokoh, nama geografis dan organisasi pun disebutkan, biografi para pemimpin Muslim terkemuka dan berbagai referensi kronologis.

Ensiklopedia tersebut juga memiliki direktori alamat dan telepon dari organisasi Islam terpusat negara itu, universitas Islam terkemuka, penerbitan dan perusahaan makanan halal.

Islam diakui sebagai agama tradisional terbesar kedua Rusia, dan negara itu telah diberikan status sebagai pengamat di Organisasi Konferensi Islam.

Ensiklopedia itu dikompilasi oleh sosiolog Silantyev Romawi. Silantyev adalah pakar masalah agama dan mantan sekretaris eksekutif Dewan Antar Rusia (IIRC). Dia juga mantan direktur pusat hak asasi manusia dari World Russian People’s Council, seorang anggota staf dari Departemen Patriarkat Moskow untuk Hubungan Luar Gereja.

Silantyev tidak asing dengan kontroversi. Pada tahun 2005 Silantyev dilepaskan dari posisi IIRC setelah penerimaan akan bukunya A Modern History of the Islamic Community in Russia, mendapat kecaman baik dari Muslim maupun sisi Ortodoks Rusia. (iw/if/it/suaramedia)

Write a Reply or Comment

5 × 1 =