ERA MEA BUTUH SDM KOMPETITIF DAN KREATIF

JIC – Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Ahmad H Lubis mengimbau mahasiswa mempersiapkan diri untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Menurut nya, di era MEA diperlukan SDM yang kompetitif. Era MEA, betul-betul memerlukan modal manusia yang kuat.

Menyadari hal tersebut, belum lama ini Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Al Azhar Indonesia (HMTI UAI) mengadakan Industri Fair 2016 dengan tema “Industri Kreatif”. Acara yang diadakan selama tiga hari tersebut menghadirkan pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif.

Pengembangan potensi industri kreatif dalam sektor ekonomi kreatif  ke depan dinilai akan tetap menjadi sebuah alternatif penting dalam meningkatkan kontribusi bidang ekonomi dan bisnis, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, pembentukan citra, alat komunikasi, menumbuhkan inovasi dan kreativitas, dan penguatan identitas suatu daerah. Puncak acaranya diadakan Talk Show Nasional Industri 2016 “Creative Industry As An Economic Asset” yang terbagi  ke dalam beberapa sesi.

Pada Sesi pertama hadir Tri Mumpuni Wijayanto (Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan) Membahas tema “Renewable Energy”. Pada Seri kedua hadir Hari Santoso Sungkari  (Deputi Infastruktur Badan Ekonomi Kreatif) membahas tema “Industri Kreatif”. Pada sesi  ketiga yang membahas “Ecommerce dan Pariwisata” hadir Iwan Setiawan (Head of Marketing PT. Baidu Indonesia) dan Ashari Yudha Pratama

http://assets.kompas.com/data/photo/2013/06/27/1919561Bursa-Syariah780x390.jpg

Universitas Al Azhar Indonesia kini juga memiliki Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia. Galeri investasi ini diresmikan pekan lalu, Rabu, 30 Maret 2016 bertempat di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta. Galeri investasi ini merupakan kerja sama antara PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan bekerjasama dengan PT MNC Securities dengan kampus untuk meningkatkan partisipasi pasar modal syariah di Indonesia..

Acara ini dihadiri oleh sekitar 250 mahasiswa beserta akademisi universitas dosen terkait. Galeri Investasi BEI–PT MNC Securities di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta ini merupakan Galeri Investasi ke 9 yang diresmikan di awal tahun 2016 ini.

Pendirian galeri Investasi BEI bertujuan untuk menambah investor baru dan memberikan edukasi pasarmodal di lingkungan akademisi, mahasiswa dan masyarakat sekitar. Dengan adanya Galeri Investasi Syariah ini, para kalangan akademisi dapat mengimplementasikan secara langsung berbagai pengetahuan teorotis yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan melakukan praktek secara langsung sebagai investor.

PT MNC Securities ikut berpartisipasi bersama BEI dalam memperluas edukasi pasar modal, dan diharapkan dapat tercipta calon-calon investor yang handal dan berkualitas di masa yang akan datang. PT MNC Securities mengaku bangga dapat bekerjasama dengan Universitas Al Azhar Indonesia dalam memajukan pasar modal syariah di Indonesia. Ini merupakan galeri investasi syariah pertama di Jabodetabek.

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan, OJK ingin masyarakat makin paham mengenai pasar modal syariah sehingga permintaan pasar modal syarian bisa naik dan produk makin berkembang sehingga tujuan pendalaman pasar bisa tercapai.

Sosialisasi edukasi terus dilakukan OJK bersama pemangku kepentingan lain. dukasi dan sosialisasi dinilai jadi kunci pengembangan pasar modal syariah. Dengan begitu, pendalaman pasar untuk meningkatan permintaan dan pasokan produk pasar modal syariah bisa dicapai.

“Sudah ada produk investasi Rp 100 ribu, ini terjangkau bagi mahasiswa. Dengan masuk pasar, kami harap para investor muda jadi makin ingin tahu soal pasar modal,” ungkap Nurhaida.

Sumber ; REPUBLIKA.CO.ID

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

TIPS CARA AGAR ANAK USIA DINI MENCINTAI ALLAH

Read Next

SUDAH SERING SHALAT DHUHA KOK REZEKI MASIH SERET? MUNGKIN INILAH 7 PENYEBABNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − nine =