HABATUSSAUDA OBAT MUJARAB PENYEMBUH BERBAGAI PENYAKIT

Jinten Hitam

JIC – Imam Bukhori meriwayatkan hadist dari Aisyah R.A bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda; ”Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?” Beliau menjawab, “Kematian.”

Habatussauda merupakan tanaman jinten hitam yang tumbuh liar pada setiap musim. Tamanan liar ini tumbuh di kawasan utara Afrika, Asia dan Jazirah Arab. Jinten hitam atau Nigela Sativa dalam bahasa latin sebenarnya sudah lama digunakan sebagai pengobatan berbagai macam penyakit, dan pada saat ini sudah banyak riset yang menyebutkan beragam manfaat kesehatannya.

Pada tahun 1993, Dr. Basil Ali bersama koleganya dari Collage of Medicine dari Universitas King Faisal telah menerbitkan jurnal Pharmasetik dan telah diakui. Menjelaskan bahwa Habatussauda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat dijadikan sebagai Bioregulator.

Kemudian baru-baru ini telah dilakukan penelitian oleh Mahasiswa Indonesia, terbukti bahwa Habatussauda mengandung Timokuinon yang dapat memberikan efek antikanker. Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Bio Med Sci Instrum, 2003, para peneliti di Missisipi USA menemukan bahwa penggunaan ekstrak habbatussauda’ sangat efektif untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker payudara.

Bagi yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, habatussauda ini telah dikaji dan dilakukan penelitiannya oleh Dr. M. El-Dakhakhny bahwa ekstrak habbatus sauda’ dapat meluruhkan pembuangan urin(0,6 ml/kg sehari) dan menurunkan tekanan darah.

Pada ibu hamil dan menyusui, kandungan minyak yang terdapat dalam habatussauda dapat melancarkan ASI lebih banyak karena mengandung lemak tak jenuh. Hal ini telah dibuktikan pada peneliatian di Universitas Pochestroom pada tahun 1989. Habatussauda juga mengandung omega 3,6 dan 9 yang mampu memberikan stimulasi perkembangan otak balita dan janin pada ibu hamil.

Manfaat lainnya adalah dapat menghilangkan penyumbatan pada bagaian tubuh manapun, menghilangkan flu, cacingan dan minyaknya dapat dioleskan pada rambut untuk mengurangi rambut rontok. jika jinten hitam digunakan dalam bentuk serbuk, maka bisa dijadikan sebagai obat wasir dan jika diolah lagi bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit pada gusi.

Begitu banyaknya khasiat Habatussauda, pengobatan ini sudah dilakukakan dan dianjurkan sejak zaman Rasulullah saw dan kebenaran khasiatnya telah dibuktikan oleh berbagai macam penelitian pada zaman sekarang.

Sumber : muslimahdaily.com

Write a Reply or Comment