HALAL FEST JIC DUKUNG SOSIALISASI BPJPH

Kepala BPJPH, Prof. Sukoso (kiri) Saat Sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Republik Indonesia

JIC – Sejak diresmikan oleh Menteri Agama RI pada tanggal 11 Oktober 2017, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) terus berbenah diri agar dapat cepat memulai proses sertifikasi halal dengan sistem online.

” Walau direncanakan sistem BPJPH  (untuk sertifikasi halal) mulai on pada tahun 2019, tetapi sedang dipercepat agar bisa dimulai pada tahun 2018,”  ujar Kepala BPJPH, Prof. Dr. Sukoso, saat menjadi narasumber di acara Talk Show Halal Fest JIC 2017  tentang Sosialisasi BPJPH yang berlangsung di Convention Hall Jakarta Islamic Centre (JIC), (Jumat, 24/11/2017).

Antusiasme Kehadiran Komunitas Majelis Taklim JIC dan IKM Dalam Sosialisasi BPJPH

Menurut UU  Nomor 33 Tahun 2014 Tentang  Jaminan Produk Halal (UU JPH), sertifikat halal yang dikeluarkan oleh BPJPH berlaku selama empat tahun, berbeda dengan yang berlaku selama ini, yaitu selama dua tahun.  Walau telah ada BPJPH, dalam sertifikasi halal, Majelis Ulama Indonesia (MUI) tetap memiliki peran penting; terutama dalam penetapan fatwa halal terhadap suatu produk yang menjadi syarat mutlak dikeluarkannya sertifikat halal dari BPJPH.

Prof. Dr. Sukoso juga menyatakan bahwa sambil menunggu sistem sertifikasi halal dari BPJPH on atau berjalan, masyarat masih boleh menguruskan sertifikat halalnya ke lembaga yang selama ini memiliki kewenangan (LPPOM-MUI). *** (RZK)

Write a Reply or Comment