IKAPI DKI SIAP BERIKAN PELATIHAN MENULIS GURU MADRASAH

ketua-ikapi-dki-afrizal-sinaro-kakanwil-depag-dki-abdurrahman-_160411212807-808

Ketua Ikapi DKI Afrizal Sinaro, Kakanwil Depag DKI Abdurrahman dan Kabid Madrasah DKI Saridin (kanan ke kiri) seusai pertemuan di Kantor Kakanwil Depag DKI Jakarta

JIC – Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta Afrizal Sinaro bertemu dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Departemen Agama DKI Jakarta Dr H Abdurrahman MAg dan Kepala Bidang (Kabid) Madrasah DKI Drs H Saridin MA di Kantor Kakanwil Depag DKI, Senin (11/4).

Afrizal mengatakan, ia datang sebagai sesama alumni madrasah.  “Saya, Dr Abdurrahman MAg dan Drs H Saridin MA sama-sama lulusan madrasah,” kata Afrizal kepada Republika, Semin (11/4).

Afrizal menambahkan, sebagai seorang alumni madrasah, ia  ingin berbagi dan memberikan motivasi kepada  guru-guru  madrasah untuk  terus-menerus meningkatkan kualitas dan kompetensinya sebagai  guru madrasah dengan membaca dan menulis. “Kami menawarkan beberapa program kepada Kakanwil Depag DKI,” ujar Afrizal.

Program itu antara lain pelatihan untuk kepala sekolah dan guru madrasah dari jenjang ibtidaiyah (setingkat SD), tsanawiyah (setingkat SMP) dan aliyah (setingkat SMA) terkait kurikulum dan evaluasi penilaian.

Program lainnya, kata Afrizal,  adalah pelatihan menulis untuk kepala sekolah dan guru madrasah, bekerja sama dengan Indonesia Bermutu. “Pelatihan menulis ini kami anggap penting karena guru-guru dituntut menulis buku, terutama untuk kenaikan golongan/kepangkatan,” tutur Afrizal yang juga fungsionaaris Indonesia Bermutu.

Afrizal menjelaskan, pihak Ikapi DKI akan menawarkan karya-karya para guru madrasah itu kepada para penerbit anggota Ikapi DKI yang berminat untuk menerbitkannya. “Jadi, kami tidak hanya memberikan pelatihan menulis, tapi juga berusaha membukakan jalan agar karya para guru madrasah itu bisa diterbitkan,” papar Afrizal Sinaro.

Kakanwil Depag DKI  mengaku sangat  senang dan menyambut baik gagasan tersebut. “Saya minta Kabid Madrasah DKI untuk  menyiapkan beberapa acara seminar/pelatihan bagi kepala sekolah dan guru-guru  madrasah di DKI Jakarta,” ujar Abdurrahman.

Abdurrahman menambahkan, pihaknya berharap bisa berpartisipasi pada Islamic Book Fair (IBF) Ikapi DKI tahun 2017. IBF merupakan pameran buku Islam terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. iBF diselenggarakan setiap tahun oleh Ikapi DKI. IBF tahun 2017 merupakan yang ke-16 kali.

Sumber ; republika.co.id

Write a Reply or Comment