iMasjid, Memberdayakan Masjid menuju Kesejahteraan Umat

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bekerjasama dengan Dewan Masjid, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan beberapa organisasi lain membuat pilot project bernama iMasjid. Tujuannya untuk memberdayakan masjid sebagai tempat pemberdayaan umat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bekerjasama dengan Dewan Masjid, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan beberapa organisasi lain membuat pilot project bernama iMasjid. Tujuannya untuk memberdayakan masjid sebagai tempat pemberdayaan umat.

Saat bersilaturahmi ke Harian Republika, Rabu (16/3), Ketua Presidium ICMI, Ilham Habibie mengatakan ada dual yang bisa dikembangkan dari keberadaan masjid. Pertama, pendidikan dan kedua untuk kegiatan komersial produktif. Menurutnya, masjid merupakan pusat dari kegiatan umat Islam sehingga seharusnya bisa dibarengi menjadi pusat kegiatan ekonomi rakyat.

Nantinya, menurut Ilham, melalui iMasjid itu sendiri, ICMI dan rekanannya itu ingin mengkombinasikan antara kegiatan masjid dengan teknologi informasi. Kegiatan, pendidikan, ataupun kajian tersebut dapat diakses dan disebarkan dengan menggunakan internet. Sehingga dapat dipelajari bersama. Dari sisi komersial, teknologi informasi itu bisa dijadikan sebagai tempat pemasaran atau transaksi komersial.

Guna mempersiapkan pilot project tersebut ICMI tengah mengidentifikasi daerah dan masjid-masjid mana saja yang akan digunakan untuk rencana ini. Proyek ini akan dimulai di beberapa masjid terlebih dahulu, sebelum akhirnya dijalankan dalam skalan nasional.

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

Gagasan Lembaga Pengelola Dana Haji Muncul dari Pemerintah

Read Next

Bagaimana Pengelolaan Wakaf di Era Dinasti-Dinasti Islam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 6 =