INI JANJI ALLAH BAGI PENGHAFAL AL-QUR’AN

IMG_2260

JIC – Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang dijadikan pedoman dan petunjuk bagi umat manusia. Al-Qur’an juga merupakan mukjizat nabi Muhammad SAW yang isinya mudah dihafal. Setiap muslim memiliki keinginan besar untuk dapat menghafal al-Qur’an. Dengan menghafal al-Qur’an banyak keistimewaan yang akan diperoleh bagi penghafalnya bahkan Allah SWT menjanjikan kemuliaan kepada penghafal al-Qur’an. Di antara kemuliaan-kemuliaan itu adalah:

  1. Penghafal Al-Qur’an Telah Disejajarkan Dengan Para Nabi

Janji Allah SWT yang pertama untuk kaum muslim yang menghafal Al-Qur’an ternyata mereka telah disejajarkan dengan para Nabi. Hanya saja para pengahafal Al-Qur’an ini tidak mendapatkan dititipkan wahyu oleh Allah SWT. Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang artinya.

“Barangsiapa yang membaca (menghafal) Alquran, maka sungguh dirinya telah menyamai derajat kenabian hanya saja tidak ada wahyu baginya (penghafal). Tidak pantas bagi penghafal Alquran bersama siapa saja yang ia dapati dan tidak melakukan kebodohan terhadap orang yang melakukan kebodohan (selektif dalam bergaul) sementara dalam dirnya terdapat firman Allah.” (HR Hakim).

Pada zaman Rasulullah SAW, tidak jarang para penghafal Al-Qur’an ini diutamakan kedudukannya oleh beliau, salah satunya dalam memimpin delegasi. Mekanismenya adalah Rasulullah SAW akan menguji dan bertanya seputar hafalan. Selanjutnya Rasulullah akan memilih para calon pegawai dengan berdasarkan pada banyaknya hafalan yang dimiliki.

  1. Para Penghafal Al Quran Telah Dianggap Sebagai Keluarga Allah yang Ada Di Bumi

Kaum muslim yang sudah menghafal Al-Qur’an tentu saja telah diberikan anugerah berupa ilmu. Bahkan karena hal tersebut para penghafal Al-Qur’an telah dianggap sebagai keluarga Allah di bumi. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadist disebutkan “Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

  1. Mendapat Derajat yang Lebih Tinggi saat Berada di Surga

Selain dijanjikan telah dianggap sebagai keluarga Allah saat di bumi, ternyata penghafal Al-Qur’an juga akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi lagi saat berada di surga kelak. Betapa banyaknya manfaat Al-Qur’an bagi mereka yang menghafalnya.

Dalam sebuah hadist berbunyi “Beliau bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib quran, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al Quran di dunia sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi).

  1. Tidak Hanya untuk Dirinya, Keistimewaan juga Akan diterima oleh Keluarganya

Janji Allah yang terakhir untuk penghafal Al-Qur’an adalah Allah akan memberikannya keistimewaan. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, keistimewaan tersebut juga akan diterima oleh keluarga terkhusus orangtuanya.
Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa “dari Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran”. (HR. Al Hakim).”

Itulah kemuliaan-kemuliaan yang Allah SWT janjikan kepada penghafal al-Qur’an. Maka dari itu sebagai seorang muslim wajib bagi kita untuk senantiasa mempelajari dan mengamalkan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari agar hidup kita selalu diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Sumber:

www.dream.co.id

www.infoyunik.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

INILAH LANGKAH MERAIH SYAFAAT AL-QUR’AN

Read Next

JIC GAGAS HALAQAH HADITS DAN FIQIH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =