INI YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA TERTIMPA MUSIBAH

Ini Yang Harus Dilakukan Ketika Tertimpa Musibah

JIC – Setiap manusia menginginkan dan mendambakan kehidupan yang senantiasa bahagia tidak terjerat dalam kesusahan hidup. Namun ternyata kehidupan tak seindah yang dibayangkan. Setiap manusia yang hidup di dunia ini tidak terlepas dari berbagai macam cobaan/ujian. Cobaan dapat berupa kesenangan dan kesusahan.

Islam merupakan agama yang sempurna sehingga Islam pun mengajarkan kepada umatnya tentang sikap yang seharusnya dimiliki oleh seorang muslim ketika menghadapi cobaan. Oleh karena itu, apabila seorang muslim ditimpa musibah maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan, di antaranya ialah:

  1. Mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Anjuran untuk mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un ini termaktub dalam QS. Al- Baqarah : 156-157“Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Rabbnya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”
  2. Ridho terhadap ketentuan yang telah Allah tetapkan, bukan dengan menggerutu atau meratapi musibah yang dihadapkan oleh Allah kepada hamba-Nya.
  3. Berprasangka baik bahwa cobaan tersebut sebagai jalan untuk menyempurnakan dan meningkatkan keimanan seseorang kepada Allah SWT.
  4. Bertakwa dan bersabar serta mengingat akan balasan kebaikan bagi orang – orang yang bersabar dengan begitu akan terasa ringan bagi mereka menghadapi kesusahan dan musibah tersebut.
  5. Bergerak dan lakukan perbaikan-perbaikan diri agar dapat keluar dari musibah yang dihadapi.

Hanya Allah SWT yang akan menolong kita dari segala kesulitan maka kembalikanlah segala urusan kita hanya kepada Allah SWT. Mohon ampun serta mohon pertolongan kepada Allah SWT dan tetap istiqomah dalam memupuk keimanan kepada Allah SWT.[]

Write a Reply or Comment

2 + 1 =