INILAH LANGKAH MERAIH SYAFAAT AL-QUR’AN

INILAH LANGKAH MERAIH SYAFAAT AL-QUR’AN

INILAH LANGKAH MERAIH SYAFAAT AL-QUR’AN-jic
INILAH LANGKAH MERAIH SYAFAAT AL-QUR’AN-jic

JIC – Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril AS yang kemudian disampaikan kepada umat dan dijadikan sebagai pedoman dan petunjuk dalam menghadapi segala persoalan.

Al-Qur’an sebagai kalam Allah SWT dapat memberi pertolongan atau syafaat atas izin-Nya. Ia bisa menjadi perantara untuk menolong kita ketika mempertanggung jawabkan amal kita di hadapan Allah SWT. Untuk mendapatkan syafaat tersebut tentu ada langkah-langkah yang harus dilakukan, di antaranya adalah:

Langkah pertama

Setiap muslim wajib untuk membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah Ilmu Tajwid dengan langgam yang benar, tidak menyimpang tidak pula mengada-ada. Membaca Al-Qur’an harus menjadi aktivitas rutin guna meningkatkan mutu dan kualitas spiritual.

Langkah kedua’

Selain rutin membaca Al-Qur’an, telinga pun harus senantiasa diperdengarkan lantunan ayat-ayat al-Qur’an. Saat ini mendengarkan lantunan ayat-ayat al-Qur’an bisa melalui radio, televisi, atau Mp3 murrotal atau bahka melalui telepon genggam. Dengan mendengarkan ayat-ayat al-Qur’an akan membuat hati dan jiwa kita tentram dan damai.

Langkah ketiga

Al-Qur’an ternyata tidak cukup untuk hanya sekedar dibaca dan didengarkan, lebih dari itu. al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk umat manusia tentu harus dipelajari dan dikaji lebih dalam tentang hikmah-hikmah yang terkandung di dalam ayat-ayat al-Qur’an.

Langkah keempat

Setelah al-Qur’an dipelajari dan dikaji, maka langkah selanjutnya adalah mengamalkan hukum-hukum al-Qur’an. Apa-apa yang diperintahkan Allah di dalam al-Qur’an harus dikerjakan dan apa-apa yang dilarang oleh Allah dalam al-Qur’an harus ditinggalkan.

Langkah kelima

Orang yang telah diberi ilmu oleh Allah SWT wajib untuk diamalkan kepada orang lain, termasuk mengajarkan al-Qur’an kepada orang lain walau hanya satu ayat. Kita dapat mengajarkan cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, atau menguraikan makna dan kandungan ayat, atau menghimpun tafsir al-Qur’an sebagai upaya mendekatkan umat kepada pemahaman terhadap al-Qur’an dengan baik agar tidak menyimpang, dan tidak salah jalan.

Langkah keenam

Mengamalkan al-Qur’an harus dilandaskan dengan keikhlasan, semata-mata untuk mengharap ridho Allah SWT. bukan karena ingin dipuji dan mendapat hadiah dari orang lain. Dengan niat dan keikhlasan akan membuat seseorang meraih syafaat al-Qur’an.

Semoga langkah-langkah meraih syafaat al-Qur’an yang telah diuraikan dapat diterapkan kepada keluarga, sahabat dan kerabat dalam kehidupan sehari-hari sehingga syafaat al-Quran dapat kita raih di hari akhir nanti.

Sumber:

w-islam.com

hidayatullah.com

Write a Reply or Comment

three × 3 =