INILAH WANITA YANG PALING BAIK

JIC – Wanita shalihah adalah wanita yang bersikap baik kepada suaminya dan selalu mentaatinya setelah ketaatannya kepada Allah. Rasulullah s.a.w memuji wanita seperti ini dan menjadikannya sebagai wanita ideal yang harus dipilih oleh lelaki.

Ketika seorang sahabat bertanya “ Istri yang bagaimanakah yang paling baik?”

Rasulullah menjawab: “Istri yang menyenangkan jika suaminya melihatnya, yang taat jika suaminya memerintahnya, dan yang tidak membantahnya dan tidak membelanjakan harta untuk hal-hal yang tidak disukai suaminya”.

Sungguh sangat beruntung bagi wanita shalihah di dunia ini. Ia akan menjadi cahaya bagi keluarganya dan memilki peran yang sangat besar yaitu melahirkan generasi-generasi dambaan. Kalau pun ia wafat, maka Allah SWT. akan menjadikannya bidadari di akhirat nanti. Oleh karena itu, para pemuda jangan sampai salah memilih pasangan hidup. Pilihlah wanita shalihah untuk dijadikan istri dan pendamping hidup setia.

Siti Khadijah r.a. adalah figur seorang istri shalihah yang menjadi penentram batin, penyejuk jiwa, pendukung setia, dan penguat semangat suami dalam berjuang dan beribadah kepada Allah SWT. Beliau telah berkorban dengan harta, kedudukan, dan diri beliau demi membela perjuangan Rasulullah Saw. Begitu kuatnya kesan keshalihahan Khadijah r.a., hingga nama beliau banyak disebut-sebut oleh Rasulullah walau beliau telah tiada. Namanya harum sepanjang zaman.

Rasulullah SAW bersabda : Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah. (HR. Muslim). Seorang istri harus selalu menyambut kedatangan suaminya dengan baik dan ceria. Janganlah menambah kesuntukannya saat melihatnya resah dan gelisah dan jangan pula menanyakan penyebab kegelisahannya.

Jika seorang istri mampu membantu dalam menyelesaikan persoalan suaminya, maka lakukanlah apa yang bisa meringankan bebannya. Jika seorang istri mampu melakukan hal tersebut, maka beban suami pun akan berkurang. Lebih dari itu, suami akan merasakan bahwa di dalam rumahnya terdapat sebuah permata berharga yang lebih tinggi nilainya dari segala bentuk permata yang ada di dunia ini. Semoga kita termasuk ke dalam golongan wanita-wanita shalihah. Aamiin. [[email protected]@]

Write a Reply or Comment

3 + 17 =