INILAH YANG PERLU ORANGTUA LAKUKAN KETIKA ANAK MENGHADAPI UJIAN

JIC – Ujian menjadi suatu hal yang lumrah dalam hidup manusia. Hal ini juga terjadi pada hidup anak yang berada dalam masa-masa sekolah. Ujian harian, ujian semester, ujian kenaikan kelas, dan ujian-ujian lainnya akan rutin anak hadapi. Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai orang tua? Ikut-ikutan tegang atau memberinya les tambahan?

Inilah beberapa tips yang bisa kita terapkan saat menghadapi ujian anak.

BANGUN KEPECAYAAN DIRI ANAK

Sudah menjadi rahasia umum jika ketakutan mendapat nilai jelek atau tidak naik tingkat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri anak. Bahkan anak yang top dalam bidang akademis pun biasanya mengalami ketakutan pra ujian. Sebagai orang tua, ada baiknya kita mulai memupuk kepercayaan mereka dan meyakinkan anak, jika usaha tidak akan mengkhianati hasil. Hal ini juga bisa membuat mereka fokus berlatih dan berusaha keras sesuai kemampuan yang mereka miliki.

APRESIASI USAHA ANAK, SEKECIL APA PUN

apakah kita sebagai orang tua sudah memberikan penghargaan terhadap pencapaian anak? Jika belum, inilah saatnya kita menunjukkan perhatian dan rasa bangga terhadap mereka. Percayalah, tidak ada kata terlambat untuk mengapresiasi anak.

BERI ANAK WAKTU UNTUK BERISTIRAHAT

Meski waktu ujian semakin dekat, tapi ini tidak bisa dijadikan alasan untuk menggenjot kemampuan anak secara maksimal. Salah-salah anak malah depresi dan kehilangan kepercayaan dirinya. Untuk menghindari hal ini, penerapan waktu belajar yang efektif bisa menjadi pilihan. Misalnya kita membuat jam belajar anak dari sekian sampai sekian, begitu pun dengan waktu istirahat dan lainnya.

DAMPINGI SECARA EMOSIONAL

Tidak bisa dipungkiri jika momen anak ujian membuat kita panik dan merasa kalut sesekali. Hal ini jangan sampai membuat intensitas pertemuan kita dengan anak menjadi kurang. Justru pada momen ini anak sangat membutuhkan kehadiran kita sebagai orang tuanya. Luangkan waktu untuk sekadar mendengar kegelisahannya dan bersikap terbuka mengenai apa yang mereka rasakan.

BUKA SESI DISKUSI SEINTIM MUNGKIN

Jika kemarin-kemarin kita sempat abai dengan anak, sekarang saatnya untuk mendampingi mereka sebisa mungkin. Banyak hal yang bisa dilakukan saat menemani anak belajar seperti ini. bercerita atau berbagi canda juga bisa kita lakukan untuk mengurangi ketakutan pra ujian yang dialami anak.

AJARI ANAK TEKNIK RELAKSASI

Mendekati waktu ujian yang semakin dekat, anak bisa menjadi panik dan kehilangan fokus. Hal ini malah mengaburkan materi yang dia pelajari selama ini. Maka ajarkan teknik relaksasi untuk menenangkan mereka. Setidaknya mereka menjadi tidak mudah panik atau dilanda ketakutan luar biasa saat menghadapi soal-soal sukar.

TANAMKAN CARA BERPIKIR POSITIF

Ketakutan anak dan pikiran negatif yang melekat padanya bisa membuat konsentrasinya buyar. Maka sebagai orang tua, kita dianjurkan untuk menanamkan cara-cara berpikir positf padanya. Ini dimaksudkan untuk menghindari pikiran-pikiran negative yang dikhawatirkan merusak konsentrasinya. Tanamkan padanya jika usahanya selama ini pasti membuahkan hasil yang manis.

BANTU ANAK UNTUK MEMPERSIAPKAN UJIAN SECARA RINCI

Menghadapi masa-masa ujian, kita bisa turun langsung untuk mengecek kesiapan ujian anak. Mulai dari hal kecil seperti alat tulis hingga menanyakan kesiapannya menghadapi ujian. Kita juga bisa memintanya mengungkapkan keresahan yang dia hadapi selama meghadapi ujian ini.

BERI TIPS DAN TRIK BAGAIMANA KITA MENGERJAKAN UJIAN

Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, peribahasa ini bisa jadi berguna saat anak menghadapi ujian. Darah kita yang mengalir padanya juga memiliki andil dalam menentukan cara belajarnya. Kita bisa mulai membagi tips bagaimana mengerjakan soal ujian dengan efektif, misal mendahulukan soal-soal mudah atau bahkan mengerjakan soal uraian terlebih dahulu. Sudah siapkah menghadapi ujian anak?

Sumber : ummi-online.com

Write a Reply or Comment