INILAH ZIKIR YANG BISA MENGHAPUS SEGALA DOSA KECIL

JIC – Manusia adalah tempat salah dan lupa. Begitulah jargon yang selalu terucap ketika kita melakukan dosan dan kesalahan yang disegaja atau hanya kerena faktor lupa. Namun demikian bukan berarti manusia terus menerima dan pasrah dengan warna warni kesalahan yang ada, melainkan dari kesalahan tersebut manusia bisa terus dekat dengan tuhannya jika ia menempuh jalan taubat kepadaNya. Dalam sebuah hadis disebutkan:

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

Setiap anak Adam pernah berbuat salah dan sebaik-baik yang berbuat salah adalah yang bertobat dari kesalahannya.

Sebanyak apapun dosa dan kesalahan yang telah diperbuat, jalan terbaik adalah kembali kepada Allah dengan jalan taubat. Bukan berfikiran bahwa Allah tidak menerima taubatmu hanya karena dosa dan kesalahanmu sudah melewati batas maksimal, justru yakinlah jika Allah sedang menunggumu untuk bersegera taubat kepadaNya. QS Az Zumar ayat 53 menegaskan:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

Ayat tersebut juga menegur kita untuk tidak berputus asa dalam mengharap ampunan Allah. Jika kita merasa telah melakukan banyak dosa dan kesalahan, yuk segera kembali ke jalan yang benar sembari membaca zikir yang diajarkan Rasululllah. Dalam hadisNya, jika kita membaca zikir tersebut maka Allah akan mengampuni dan menghapus dosa apapun yang telah berlalu, meskipun sebanyak buih dalam lautan.

Telah meriwayatkan kepada kami dalam kitab Shahih Muslim, dari Abu Hurairah ra, dari Rosulullah saw, beliau bersabda:

مَنْ سَبَّحَ اللهَ فِيْ دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ ثَلَاثًا وَثَلاثِيْنَ وَحَمِدَ اللهَ ثَلاثاً وَثَلاثين وكَبَّرَ اللهَ ثَلاثاً وَثَلاثِينَ وَقَالَ تَمامَ الْمِئَةِ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُو عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ البَحْرِ   

Barang siapa yang membaca tasbih pada tiap-tiap setelah shalatnya sebanyak tiga puluh tiga kali, dan membaca tahmid sebanyak tiga puluh tiga kali, membaca takbir sebanyak tiga puluh tiga kali, dan pada kesempurnaan seratus kalinya membaca: “Laa ilaaha illal laahu wah dahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli sya’in qadiir” maka diampuni kesalahan-kesalahannya, meskipun sebanyak buih lautan.

Zikir tersebut adalah zikir yang bisa dibaca setelah salat bagi siapasaja yang ingin dihapuskan segala dosa dan kesalahannya. Zikir tersebut adalah membaca takbir 33x (Subhanallah), tahmid 33x (Alhamdulillah), takbir 33x (Allahu akbar), dan digenapkan keseratus dengan membaca:

 لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُو عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

(Laa ilaaha illal laahu wah dahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli sya’in qadiir)

Sumber : bincangsyariah.com

Write a Reply or Comment

twenty + ten =