JAGA PERSATUAN DAN TOLAK SEGALA BENTUK KEKERASAN

Masyarakat diingatkan agar tidak terprovokasi dengan segala hal yang memecahbelah.

JIC, JAKARTA -– Tugas bersama untuk memberikan pemahaman pemaknaan jihad yang benar. Sebab tidak ada satu agamapun yang mengajarkan kekerasan. Karenanya, menjaga persatuan dan kesatuan menjadi penting dalam menghadapi situasi yang berkembang saat ini.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Dr KH Said Aqil Siroj, MA menegaskan segala macam tindakan kekerasan yang mengatasnamakan agama, tidak termasuk sebagai ciri ajaran Islam yang rahmatan lil alamin (rahmat semesta alam). “Saya mengecam keras segala tindakan terorisme, apapun motif dan latar belakangnya,”kata KH Said Aqil kepada Republika.co.id belum lama ini.

Kiai Said pun mengajak seluruh warga Indonesia untuk bersatu padu menggalang solidaritas kemanusiaan untuk menolak segala bentuk kekerasan. Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak terprovokasi dengan segala hal yang berpotensi memecah keutuhan bangsa.

“Jika mendapati peristiwa sekecil apapun yang menjurus pada radikalisme dan terorisme segera laporkan ke aparat keamanan, jelas KH Said Aqil.

Kiai Said menjelaskan, Islam sejatinya mengajarkan nilai-nilai kesantunan dalam berdakwah, sebagaimana disebutkan dalam Alquran, Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan Al Hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. (An-Nahl: 125).

Demi mengurangi ketegangan, KH Said Aqil menghimbau umat Islam untuk senantiasa meningkatkan dzikrullah dan berdoa kepada Allah SWT untuk keselamatan, keamanan, kemaslahatan, dan ketenteraman hidup dalam berbangsa dan bernegara. Nahdlatul Ulama (NU), kata dia juga meminta kepada semua pihak untuk menghentikan segala spekulasi yang bisa memperkeruh peristiwa ini.

“Kita percayakan penanganan sepenuhnya di tangan aparat keamanan. Kita mendukung aparat keamanan, salah satunya dengan cara tidak ikut-ikutan menyebarkan isu, gambar korban, dan juga berita yang belum terverifikasi kebenarannya, ucap dia.

 

sumber : republika.co.id

Write a Reply or Comment

3 × two =