JAKARTA ISLAMIC CENTRE GELAR FESTIVAL GERHANA BULAN TOTAL

JIC – Gerhana bulan total akan terjadi di Indonesia pada hari Sabtu, 28 Juli 2018  mulai sekitar pukul 02.30 WIB sampai sekitar pukul 04.13 WIB menjelang Subuh. Di Indonesia, gerhana bulan total akan berlangsung antara 103 sampai 107 menit.   Gerhana bulan total tersebut  merupakan terlama dalam seratus tahun ini dan dapat dilihat dengan mata telanjang di seluruh Indonesia.

Bagi umat Islam, peristiwa gerhana bulan total bukan saja merupakan peristiwa astronomis, tetapi juga peristwa ibadah. ”Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunah gerhana bulan (khusuf) dan mendengarkan khutbah gerhana,” kata Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Jakarta Islamic Centre (JIC), Rakhmad Zailani Kiki melalui rilis yang dikirimkan ke Republika.co.id, Kamis (26/7).

Karenanya, Rakhmad Zailani Kiki menambahkan, JIC akan mengadakan Festival Gerhana Bulan Total 280718 dengan beragam acara. ”Rangkaian acara tersebut adalah training motivasi, tabligh akbar, ceramah ilmiah tentang gerhana, observasi gerhana, lomba foto gerhana, shalat tahajud, shalat sunah gerhana bulan (khusuf) dan khutbah gerhana,” ujar pria yang akrab dipanggil Kiki.

Ia menyebutkan, kegiatan tersebut didukung oleh MUI Provinsi DKI Jakarta, DMI Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Agama Jakarta Utara, Sudin Pendidikan 1 Jakarta Utara, Sudin Pendidikan 2 Jakarta Utara, Republika, Klasik, KFS-JIC dan lain-lain.

Festival tersebut, kata Rakhmad Zailani Kiki bertujuan sebagai wahana untuk memasilitasi umat Islam melakukan ibadah gerhana bulan  secara berjamaah di sepertiga malam di Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC). Selain itu, sebagai syiar Islam bahwa ilmu astronomi memiliki kaitan dengan ajaran Islam, salah satunya dalam menyikapi peristiwa gerhana bulan total.

”Tidak kalah pentingnya, sebagai wahana edukasi umat yang aplikatif dan menyenangkan dalam ilmu astronomi dan falakiyah melalui peristiwa gerhana bulan total,” paparnya.

Ia menjelaskan, Festival Gerhana Bulan Total 280718 terbuka untuk umum. Rangkaian kegiatan tersebut akan dimulai pada pukul 00.00 WIB dan berakhir dengan shalat Subuh berjamaah, Sabtu (28/7). Tempatnya  di Ruang Ibadah Utama Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC) dan halamannya.

”Namun bagi para pelajar, bisa datang pada hari Jumat (27/7), pukul  20.00 WIB. ”Mereka berkesempatan untuk  mengikuti pelatihan umum motivasi oleh motivator pelajar, M Arif Syukur.   Ini sebagai kegiatan pra-pembukaan, khususnya untuk para pelajar,” tuturnya.

Untuk lomba foto gerhana disediakan hadiah bagi pemenang berupa uang Rp 1 juta untuk juara pertama, Rp  750 ribu untuk juara kedua, dan Rp 500 ribu untuk juara ketiga. Syarat mengikuti lomba foto ini adalah peserta umum yang menghadiri rangkaian acara festival dari awal sampai akhir, kamera foto yang digunakan adalah kamera dari HP, dan membayar infak pendaftaran yang terbaik.

”Pemenang lomba foto akan diumumkan di akun instagram @klasikofficial pada hari Kamis, 9 Agustus 2018 jam 17.00 WIB,” ujarnya.

Sumber : republika.co.id

Write a Reply or Comment

fourteen − 9 =