JAKARTA ISLAMIC CENTRE MENGGELAR SUNATAN MASSAL GRATIS

JIC – Khitan merupakan bagian dari syariat Islam. Khitan dalam agama Islam termasuk bagian dari fitrah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ – أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ – الْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَقَصُّ الشَّارِب

Fitrah itu ada lima perkara : khitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis “  (H.R Muslim 257).

Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan, “Fitrah ada dua jenis. Pertama adalah fitrah yang berkaitan dengan hati, yaitu ma’rifatullah(mengenal Allah) dan mencintai-Nya serta mengutamakan-Nya lebih dari yang selain-Nya. Kedua yaitu fitrah amaliyyah, yaitu fitrah yang disebutkan dalam hadits di atas. Fitrah jenis yang pertama menyucikan ruh dan membersihkan hati sedangkan fitrah yang kedua menyucikan badan. Keduanya saling mendukung dan menguatkan satu sama lain. Yang utama dan pokok dari fitrah badan adalah khitan”

Jakarta Islamic Centre (JIC) bekerjasama dengan Bazis DKI Jakarta akan menyelenggarakan Sunatan Massal pada hari Sabtu (16/12) di Ruang Audio Visual JIC. Acara yang bertajuk “Khitan Anak Sholeh” ini memberikan fasilitas kepada 120 anak yang akan disunat berupa pakaian, sarung, dan transport. Tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini ialah membantu anak yatim dan dhuafa untuk menjalankan kewajiban anak laki-laki yakni khitan.

Imam Ibnu Qudamah rahimahullah berkata, “Khitan hukumnya wajib bagi laki-laki, dan merupakan kemuliaan bagi wanita namun hukumnya tidak wajib. Ini merupakan pendapat mayoritas para ulama”. Inilah pendapat yang dipilih oleh Imam Asy Syu’bi, Rabi’ah, Al Auza’i, Yahya bin Sa’id Al Anshari, Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dan ulama-ulama lainnya rahimahumullah. (ZS)

Write a Reply or Comment