JALIN PERSAHABATAN, SEMASA LAJANG DAN SETELAH MENIKAH (PART I)

JIC – Dalam setiap tahap perkembangan, dari anak-anak hingga dewasa, kehadiran seorang atau lebih dari seorang sahabat sebenarnya dibutuhkan oleh setiap orang. Namun, fungsi sahabat pada setiap perkembangan berbeda-beda.

“Pada masa kanak-kanak, persahabatan lebih mengacu kepada berbagi kegembiraan bersama, bermain bersama. Sementara pada masa remaja dan dewasa fungsinya lebih dari itu. Sahabat pada tahap ini lebih mengacu kepada fungsi sharing berbagai permasalahan kehidupan yang memang semakin kompleks,” terang Anna Armeini Rangkuti, S.Psi, M.Si, dosen pada Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Kependidikan, Universitas Negeri Jakarta.

Dengan kelekatan yang lebih mendalam dibanding pertemanan, proses menuju terbentuknya persahabatan, jelas Anna, melibatkan beberapa unsur. Pertama, attachment (kelekatan), tentu saja hubungan antarsahabat adalah hubungan yang lekat. Lalu, emotional affiliation, yaitu bahwa persahabatan tercipta karena setiap orang membutuhkan kenyamanan emosional dengan orang lain.

Unsur selanjutnya adalah proximity (kedekatan fisik), sahabat adalah orang yang selalu ada di sekitar kita, terutama pada saat dibutuhkan. Saat ini kedekatan fisik tak selalu jadi ukuran mengingat jaringan komunikasi yang sudah demikian canggih, sehingga orang bisa terhubung setiap saat. Kemudian, similarities, yaitu adanya kesamaan, baik hobi atau minat, namun yang utama adalah kesamaan prinsip dan pola pikir. Yang terakhir dan terpenting, adanya trust (kepercayaan). Unsur inilah yang membuat seseorang bisa membagi apa pun dengan sahabat. Tanpa kepercayaan, tak ada persahabatan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai seseorang menyadari seorang teman bisa menjadi sahabat baginya? Tidak ada batasannya. “Bisa saja ada dua pihak yang baru beberapa kali bertemu dan berinteraksi sudah merasa dekat satu sama lain. Jadi tergantung chemistry kedua pihak,” ujar alumnus S1 Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada dan S2 Universitas Indonesia ini.

Sumber: Ummi Online

Write a Reply or Comment

four − 1 =