JAZAKALLAH KHAIRAN, TERIMA KASIH!

Dalam sebuah hadits yang terdapat di dalam Kitab Sunan At-Tirmidzi, Rasulullah Saw. bersabda,” Barangsiapa yang diberikan suatu kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengucapkan jazakallaah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan) berarti dia telah sempurna dalam memuji.

Dalam sebuah hadits yang terdapat di dalam Kitab Sunan At-Tirmidzi, Rasulullah Saw. bersabda,” Barangsiapa yang diberikan suatu kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengucapkan jazakallaah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan) berarti dia telah sempurna dalam memuji.

Masih di dalam kitab hadits yang sama, Rasulullah Saw. juga bersabda,”Barangsiapa yang diberi pemberian maka hendaklah dia membalasnya dengan itu pula. Kalau tidak maka dengan memuji, sebab dengan memuji berarti telah berterimakasih dan siapa yang menyembunyikan (kebaikan orang padanya) berarti dia telah kufur nikmat.”

Selain itu, berterima kasih kepada sesama manusia merupakan salah satu bentuk syukur atas nikmat dari Allah Swt., sebagaimana terungkap dalam hadits dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda,”Tidak dinamakan bersyukur kepada Allah bagi siapa yang tidak berterimakasih kepada manusia.

Atas dasar di atas maka keluarlah kalimat terima kasih dari Wakil Kepala Lembaga Jakarta Islamic Centre (JIC), Drs. H. M. Natsir, MM, pada saat memberikan sambutan mewakili Kepala JIC pada acara Halal Bi Halal 1432H Keluarga Besar JIC, Rabu, 14 September 2011 di Ruang Serba Guna JIC.

Ucapan terima kasih ini dikhususkan kepada mereka yang telah memberikan sumbangan pikiran, tenaga dan biaya untuk suksesnya pelaksanaan kegiatan Amaliyah Ramadhan 1432H di JIC, yaitu: pertama, para ustadz atau mubaligh yang selama bulan Ramadhan senantiasa hadir menyirami qolbu dan menginspirasi para jama`ah, baik pada shalat tarawih, kuliah subuh, kuliah dzuhur dan kuliah menjelang berbuka puasa; kedua, para donatur yang memberikan hidangan berbuka puasa sebulan penuh; ketiga, para sponsor Khatmul Qur`an Massal pada peringatan Nuzulul Qur`an yang memberikan sumbangan yang besar utuk diberikan kepada jama`ah yang diundi dalam bentuk hadiah umroh bagi empat orang jama`ah, televisi, notebook, kulkas, dan lain-lain, hadiah umroh juga diberikan secara spontan untuk satu orang jama`ah oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang hadir dan memberikan sambutan pada acara Khatmul Qur`an tersebut, serta juga pada donatur , yaitu BAZIS Prov. DKI Jakarta, PT. Kanaya, Dinas Sosial, Jubilee School, Artha Graha Peduli, Fast Comm, Al-Atieq Tour dan Travel,yang selain mensponsori kegiatan Nuzul Qur`an juga memberikan santunan anak yatim untuk 750 anak pada hari Sabtu, 20 Agustus 2011 dan kepada donatur, Dr. Lucky Aziza B.SpPD, KGH, yang memberikan santunan anak yatim dan dhuafa untuk 200 anak pada acara Sanlat `Itikaf Yatim Dhuafa (Siyadhu) ke-2 ; keempat, kepada para muzakki, pemberi infak, shadaqah dan fidyah yang mempercayakan zakat, infak, shadaqah dan fidyah mereka untuk disalurkan oleh JIC kepada para mustahiq. Pada pengumpulan ZIS dan Fidyah bulan Ramadhan tahun ini terkumpul uang Rp.91.689.000 dan 161 liter beras dengan rincian: Zakat Fitrah Rp.18.123.000, Zakat Mal Rp.18.470.000, Infaq Rp.53.326.000, Fidyah Rp.1.770.000. ZIS dan Fidyah tersebut disalurkan kepada perorangan dan lembaga. Untuk perorangan disalurkan kepada 69 orang dengan jumlah masing-masing Rp.100.000 sehingga total penyaluran untuk perorangan adalah Rp.6.900.000. Untuk Zakat Mal dan Infaq disetorkan ke BAZIS Prov. DKI Jakarta untuk kegiatan ekonomi produktif. Selain itu, infak dari PT. Kanaya (H. Martius Hamra) Rp. 50.000.000 yang sesuai amanahnya langsung disalurkan kepada yang dituju untuk 165 orang; kelima, kepada para jama`ah yang telah memakmurkan masjid JIC selama bulan Ramadhan dengan berpartisipasi aktif dengan mengikuti sebagian atau keseluruhan rangkaian kegiatan Amaliyah Ramadhan; dan keenam, kepada para mitra dan media massa yang telah menyiarkan dan meliput kegiatan amaliyah Ramadhan.

Ucapan terima kasih ini bagi JIC merupakan suatu keharusan karena tanpa partisipasi jama`ah, sponsor, muzakki, pemberi infak, shadaqah, dan fidyah serta mitra dan media massa, maka hampir dikatakan kegiatan-kegiatan amaliyah Ramadhan di JIC tidak akan berjalan baik atau jika pun berjalan tidak akan semaksimal ini. Sebagai contoh saja, untuk hidangan berbuka puasa, partispasi para donatur sangat signifikan karena dapat menutupi kebutuhan untuk 35.926 orang jama`ah yang berbuka dengan jumlah dana yang terkumpul dari donatur Rp.718.738.000. Di antara donatur untuk buka puasa tersebut adalah Pelindo II, Auto 2000 Pusat, Fraksi Partai Golkar DPR RI, PT. Bogasari, PT. Pembangunan Jaya Ancol, BNI Syarah Koja, Dinas Pelayanan Pajak DKI.Belum lagi kegiatan-kegiatan lainnya sebagaimana yang disebut di atas.

Namun, tentu sebagai penyelenggara, JIC menyadari sepenuhnya bahwa apa yang telah dilakukan pada Amaliyah Ramadhan tahun ini masih jauh dari sempurna, bahkan masih banyak kekurangan disana-sini. Masih butuh kerja keras dan kerja cerdas yang lebih agar tujuan-tujuan kegiatan Amalayiah di Ramadhan yang akan datang dapat tercapai secara maksimal dan lebih baik pelaksanaannya dari tahun ini. Dan tentu saja, masih membutuhkan dukungan semua pihak yang terkait, terutama jama`ah dan juga para sponsor, yang kepada mereka, kami ucapkan sekali lagi,” Jazaakallaah Khairan, Terima kasih. Semoga Allah swt. meridhoi, memberkati dan membalas semua amal ibadah mereka dan memasukan mereka ke dalam surga-Nya. Aamin”. ***

Oleh: Rakhmad Zailani Kiki

Koordinator Pengkajian JIC

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

Bio Farma “kiblat” vaksin halal dunia

Read Next

Menteri Agama Sepakati MTQ 2012 di Ambon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 4 =