JIC SIAP PAPARKAN HASIL PANTAUAN HILAL PADA SIDANG ISBAT PENENTUAN AWAL RAMADHAN DI KEMENAG RI

Proses Pemantauan Rukyatul Hilal oleh Tim Falakiyah JIC di Pulau Karya

JIC – Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Dirjen Bimas Islam mengundang Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau Jakarta Islamic Centre pada sidang Isbat penentuan awal Ramadhan 1440 H. Bertempat di Ruang Auditorium H. M. Rasjidi Kementerian Agama Lantai G ini sidang isbat akan diselenggarakan pada Ahad (5/5) mendatang.

Jakarta Islamic Centre secara rutin melakukan kegiatan Rukyatul Hilal untuk penentuan 1 Ramadhan dengan memilih Pulau Karya di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang merupakan hasil riset lapangan yang melibatkan para pakar dan peneliti falakiyah dan  astronomi  dari Kementerian Agama RI, dan Rukyatul Hilal Indonesia (RHI) Pusat.

“Untuk tahun 2019 ini, kegiatan falakiyah yang diselenggarakan oleh Jakarta Islamic Centre atas arahan Kepala Jakarta Islamic Centre, KH Ahmad Shodri, diawali dengan Kuliah Umum bertema “Jakarta Islamic Centre Sebagai Pusat Pengkajian, Pengembangan dan Pendidikan Falakiyah”  dengan narasumber Prof Dr. Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN.” Ujar Kepala Divisi Pendidikan dan Pelatihan Badan Manajemen Jakarta Islamic Centre, Rakhmad Kiki Zailani

Peserta Pendidikan Falakiyah JIC

Jakarta Islamic Centre mengadakan Pendidikan Falakiyah selama sepuluh hari, dari tanggal 22 April s.d 3 Mei 2019 untuk menyiapkan kader-kader ahli falakiyah yang ahli dalam hisab dan ahli dalam rukyatul hilal. Sehingga pada Sidang Isbat penentuan awal 1 Ramadhan 1440 H, pada Ahad petang mendatang, JIC siap memberikan paparan terkait hasil pantauan hilal di Pulau Karya. (ZS)

Write a Reply or Comment

5 × four =