KEMBANGKAN WISATA HALAL, PEMPROV DKI JAKARTA BENAHI KOMPLEKS MASJID LUAR BATANG

 

Masjid Luar Batang

JIC, Jakarta — Rencana Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan Halal Tourism dilakukan bertahap. Mulai dari mewujudkan hotel syariah, dan  tempat wisata halal. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana menata ulang kompleks Masjid Luar Batang dan Makam Habib Al Husein bin Abubakar Alaydrus, Jakarta Utara. Namun, untuk merealisasikan rencana itu akan disusun lebih dulu aturannya.

“Ini kami lagi bicarakan. Kami tata dengan baik. Kami lihat dulu regulasinya yang diperlukan seperti apa. Saat ini belum ada SK, belum ada Perda. Kami mesti lihat dulu, karena ini bukan hanya Jakarta Utara tapi Jakarta dan Indonesia dan dunia datang ke sini,” ujar Sandiaga di komplek Masjid Luar Batang, Jl Kampung Luar Batang V, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (17/12/2017).

Sandiaga berencana agar masjid dan makam Habib Al Husein bin Abubakar Alaydrus dijadikan tempat wisata yang masuk ke dalam kategori “Halal Tourism”.

Dia berharap dengan konsep tersebut silaturahmi antar umat beragama di Jakarta meningkat. Lanjut Sandiaga, sempat ada pemikiran bahwa ini menjadi koridor halal tourism yang berpusat di Luar Batang ini menjadi sebuah daya tarik destinasi wisata halal.

“Kami harus juga melihat bahwa ke depan Masjid Luar Batang ini menjadi sarana untuk mempersatukan umat,” terang Sandiaga.

Tak hanya itu, pihaknya juga berencana agar pembangunan hotel syariah juga masuk ke dalam rencana penataan ulang kompleks masjid dan makam dimaksud. Sebab, banyak jemaah yang melakukan aktivitas di malam hari seperti shalat qiyamul lail.

“Kalau di sini ada wisatawan yang ingin shalat malam, atau shalat subuh, istirahatnya bisa di hotel syariah yang dekat dengan masjid. Alangkah baiknya ada hotel juga karena banyak wisatawan yang salat qiyamul lail di sini,” pungkas Sandiaga.

Sumber ; gomuslim.co.id

Write a Reply or Comment

14 + five =