Kemenag Gelar Kompetisi dan Ekspo Madrasah Nasional Kedua

Kementerian Agama akan menggelar Kompetisi dan Ekspo Madrasah II tingkat nasional. Ajang ini akan digelar pada 19-22 Juli 2011 diikuti sekitar 1200 peserta dari 33 provinsi. Kompetisi ini juga akan dihadiri sekitar  3000 pengembira. Ini diungkapkan Direktur Pendididkan Madrasah pada Kementerian Agama, Ace Saifudin, di Jakarta, Kamis (14/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Kementerian Agama akan menggelar Kompetisi dan Ekspo Madrasah II tingkat nasional. Ajang ini akan digelar pada 19-22 Juli 2011 diikuti sekitar 1200 peserta dari 33 provinsi. Kompetisi ini juga akan dihadiri sekitar  3000 pengembira. Ini diungkapkan Direktur Pendididkan Madrasah pada Kementerian Agama, Ace Saifudin, di Jakarta, Kamis (14/7).

Dikatakan Ace, ajang pertama di Malang pada 2009 lalu telah memperlihatkan hasil menggembirakan. Yaitu, munculnya para atlit dari kalangan madrasah berpotensi untuk dikembangkan secara berkelanjutan. Karenanya, pada kegiatan ini pihaknya melibatkan para pemandu bakat dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). ”Dengan harapan para atlet memiliki potensi dapat perhatian untuk dibina secara berkelanjutan,” papar Ace.

Menurutnya, esensi dari penyelenggaraan kompetisi dan ekspo madrasah tersebut adalah meningkatkan kepekaan terhadap olahraga dan berkesenian. Di sisi lain, merangsang para siswa madrasah untuk bersikap kreatif. ”Unsur kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual merupakan bagian penting dalam event ini. Karena itu aspek sportifitas dan kejujuran menjadi bagian tak terpisahkan dalam pendidikan karakter di madrasah,” katanya. Inilah menurutnya yang membedakan pendidikan madrasah berbasis agama dengan pendidikan umum.

Kompetisi ini akan mempertandingkan sejumlah cabang olahraga, antara lain bulu tangkis, atletik, tenis meja serta catur. Bidang lain meliputi lomba pidato bahasa Inggeris, pidato bahasa Arab dan bahasa Indonesia, fahmil (pemahaman) Al Quran, MTQ, kaligrafi, busana muslim dan cipta puisi isi kandungan Alquran. Kompetisi olahraga akan digelar di Sekolah Olahraga Ragunan Jakarta Selatan. Sementara lomba lainnya untuk kreatifitas siswa ditempatkan di Asrama Haji Pondok Gede.

 

Redaktur: Johar Arif
Reporter: Rahmat Santosa B

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

Festival Musik Sufi Diharapkan Bangkitkan Kesenian Islam

Read Next

Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan 1432 H pada Senin 1 Agustus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 17 =