KENALKAN BUDAYA ISLAM, WARGA MUSLIM TORONTO GELAR ‘ISLAMIC HERITAGE MONTH’ DI SEKOLAH TERBESAR KANADA

JIC, Toronto — Baru-baru ini, Dewan sekolah terbesar di Kanada, yaitu  Toronto District School Board  (TDSB) mengadakan acara peluncuran pada hari Senin di Museum Aga Khan di Don Mills untuk mengumumkan program dan inisiatif Dewan akan diadakan di sekolah-sekolah untuk Bulan Sejarah Islam atau Islamic Heritage Month (IHM) selama bulan Oktober  2017.

“TDSB telah lama berkomitmen untuk mempromosikan kesetaraan dan penyertaan untuk  semua siswa. Suatu hal yang menyenangkan bagi siswa, guru, dan wali untuk memiliki kesempatan untuk belajar tentang beragam kepercayaan dan budaya melalui berbagai bulan dan hari-hari penting yang ditampilkan sepanjang tahun ajaran di TDSB,” kata dewan sekolah tersebut dalam sebuah pernyataan kepada publikasi AboutIslam.

Selain itu, pihak sekolah juga  mendorong dewan sekolah di Kanada untuk melakukan inisiatif serupa di sekolah mereka.

Pada acara peluncuran tersebut, hadir pula anggota masyarakat, pejabat, seniman, dan pejabat terpilih.

“Sungguh menakjubkan melihat momentum ini oleh sekelompok orang tua yang berdedikasi yang ingin melihat Bulan Warisan Islam yang dirayakan oleh sekolah anak-anak mereka sepanjang bulan Oktober,” kata Amira Elghawaby, Direktur Komunikasi Dewan Nasional Kanada Muslim (NCCM) .

Pada tahun 2007, pemerintah Kanada memproklamasikan bulan Oktober sebagai Bulan Sejarah Islam dan pada tahun 2016, pemerintah Provinsi Ontario memproklamirkan Oktober sebagai Bulan Warisan Islam.

Bulan Sejarah Islam TDSB mencakup tiga komponen utama tahun ini. Dalam poster acara tersebut, ada profil 12 Muslim Kanada yang telah berkontribusi pada budaya Kanada baik melalui kiprah menjadi warga sipil, politik, hiburan, layanan militer, atau olahraga.

Dedikasi dan cinta mereka terhadap Kanada memicu semangat mereka. Masjid Al-Rasyid, yang digambarkan di sudut kiri bawah, adalah masjid pertama di Kanada (didirikan pada tahun 1938), dan sekarang terletak di Fort Edmonton Park, Alberta. Masjid ini berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi komunitas Muslim “perintis”. Semua kepala sekolah TDSB akan menerima poster IHM untuk ditampilkan di sekolah mereka.

Selain itu, bulan warisan Islam juga meluncurkan Buku Panduan Sumber Daya IHM mencakup lebih dari 400  bahasan, di antaranya  primer pendidik; pengumuman pagi hari; buku dan publikasi; film dan dokumenter; kurikulum dan panduan belajar; menulis tugas; proyek seni; musisi; dan daftar pembicara, seniman dan penghibur.

Tujuan keseluruhan dari Buku Panduan Sumber Daya IHM adalah untuk menampilkan kontribusi penting Muslim Kanada kepada masyarakat Kanada, keragaman budaya masyarakat Muslim Kanada dan pentingnya orang-orang Kanada belajar satu sama lain untuk mendorong kohesi sosial yang lebih besar.

Lebih lanjut, Komite Perencanaan IHM TDSB akan menyelenggarakan 13 lokakarya dan acara di bulan Oktober  2017 mendatang untuk merayakan bulan tersebut. Tujuan keseluruhan dari lokakarya dan acara ini adalah untuk melibatkan, memungkinkan dan memberdayakan orang tua atau wali di TDSB untuk menantang Islamofobia dan diskriminasi secara luas, melalui kesadaran dan pendidikan. Sedangkan inisiatif pertama ini akan berlanjut ke seklah-sekolah lain di Provinsi Ontario, dan kemungkinan kana meluas ke seluruh Kanada .

Write a Reply or Comment