KEUTAMAAN MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW

JIC – Maulid Rasulullah Muhammad SAW merupakan momen istimewa bagi umat Islam. Tidak sedikit umat yang menggelar acara untuk memperingati tanggal lahirnya Sang Junjungan tersebut.

Peringatan ini sudah dijalankan sangat lama. Mulai zaman ulama klasik hingga saat ini, Maulid Nabi yang jatuh pada 12 Rabiul Awwal setiap tahunnya diperingati dengan cukup khidmat hingga meriah.

Dikutip dari Bincangsyariah, Imam As Suyuti dalam kitabnya Al Wasail fi Syarhis Syamail, menjelaskan keutamaan menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Beberapa di antaranya mendapatkan rahmat Allah SWT dan para malaikat.

“Tiada satupun rumah, masjid atau perkemahan yang dibacakan Maulid Nabi SAW. kecuali para malaikat mengelilingi rumah, masjid atau kemah tersebut. Dan para malaikat meminta ampunan dosa terhadap penghuni tempat tersebut, dan Allah menaungi mereka dengan rahmat dan keridhaan-Nya. Dan adapun para malaikat yang dikelilingi dengan cahaya, yaitu Jibril, Mikail, Israfil dan ‘Izrail, maka mereka meminta ampunan dosa terhadap orang-orang yang menjadi penyebab bagi pembacaan Maulid Nabi SAW.”

Selain itu, Allah memberikan perlindungan kepada orang yang memperingati Maulid Nabi SAW dari segala macam bala’ (bahaya). Entah itu bala’ berupa wabah, kekeringan, kebakaran, sejumlah kejahatan, dan lain-lain.

“Tiada Muslim pun yang membaca Maulid Nabi SAW di rumahnya kecuali Allah mengangkat kemarau, wabah, kebakaran, karam, penyakit, bala, murka, dengki, mata yang jahat dan pencuri dari penghuni rumah tersebut. Jika orang tersebut meninggal dunia, niscaya Allah memudahkan baginya menjawab pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir, dan adalah tempat duduknya pada tempat yang benar di sisi Tuhan yang Maha Memiliki dan Berkuasa.”

Sumber: dream.co.id

Write a Reply or Comment

3 × three =