KEUTAMAAN MENGUCAP HAMDALAH SAAT MENERIMA MAKANAN

JIC – Di zaman yang serba cepat, serba terburu-buru ini, meluangkan waktu untuk sekedar bersyukur atas makanan yang terhidang seringkali terlupakan.Mengucapakan hamdalah tatkala menerima makanan adalah satu dari sekian sunnah Rasulullah yang banyak dilupakan. Berbeda dengan lumrahnya mengucapkan hamdalah setelah menyantap makanan.

Mengucap hamdalah ketika menerima makanan adalah pengakuan kesyukuran atas makanan yang dianugerahkan Allah kepada kita. Sedangkan bersyukur itu pengakuan terima kasih dari hati dan diri kita sebagai hamba atas segala nikmat-Nya. Dengan mengucapkan hamdalah ketika mendapatkan makanan, kita sudah mengkonfirmasi pada diri sendiri atas nikmat pemberian-Nya. Dan seperti itulah yang dibiasakan Rasulullah. Dalam riwayat Bukhari, diceritakan bahwa Abu Hurairah berkata:

أعطيت النبي صلى الله عليه وسلم القدح فحمد الله وسمّى

Aku memberikan cangkir kepada Nabi shallallahu’alaihi wasallam. Kemudian beliau memuji Allah dan menyebut nama-Nya (membaca basmalah)” (HR. Bukhari)

Teladan yang dicontohkan Rasulullah tersebut baik untuk diaplikasikan dalam keseharian. Contoh gampangnya ketika memesan makanan via online, kita tidak hanya berterimakasih kepada driver yang sudah mengantarkan makanan ke alamat yang tertera, melainkan terlebih dahulu untuk mengucapkan hamdalah yang ditujukan untuk-Nya. Dengan demikian, kita sudah mengaplikasikan sunnah Rasul dan memperlakukan orang lain dengan baik pula.

Mengucapkan hamdalah ketika mendapatkan makanan juga menunjukkan sebuah kepribadian yang lapang dada. Ia bersyukur dengan hati, yaitu selalu ingat Allah atas semua rezeki makanan yang ia terima. Dan juga bersyukur dengan lisan, yaitu dengan mengucapkan kata-kata yang baik terhadap makanan tersebut. selain itu juga ia bersyukur dengan perbuatan, yang diimplementasikan dengan akhlak dan tingkah laku yang baik terhadap makanan.  Yang demikian itulah yang membuat makanan tersebut menjadi berkah. Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah mengungkapkan dalam Dalam kitab Syarh Riyadhush Shalihin:

ومن فوائد الحمد أن الإنسان إذا ابتدأ الشيء بحمد الله فإن الله تعالى يجعل فـيه الـبـركـة

Diantara faedah hamd yaitu tatkala seseorang memulai melakukan sesuatu dengan pujian kepada Allah niscaya Allah Ta’ala akan menjadikan keberkahan di dalamnya.

Dengan mengucap hamdalah ketika mendapatkan makanan, kita telah merajut dua buah kebaikan sekaligus. Yang pertama adalah bersyukur kepada Allah atas rezeki-Nya yang berupa makanan, dan yang kedua adalah menghadirkan keberkahan dalam makanan tersebut. Dua kebaikan tersebut sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu, penting juga untuk tidak tergesa-gesa melahap makanan ketika telah didapatinya. Mengucap hamdalah adalah hal pertama yang perlu dilakukan ketika mendapatkan makanan.

Sumber : bincangsyariah.com

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

ADAB BERDZIKIR DAN BERDOA MENURUT SAYYID UTSMAN AL-BATAWI

Read Next

IKUTILAH KAJIAN AHAD DHUHA DI JIC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 1 =