KH SYAFI’I MUFID : KONGRES ISLAMIC CENTRE, KEKUATAN UNTUK UMAT DAN BANGSA

JIC – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi DKI Jakarta, DR. KH. Ahmad Syafi’i Mufid menyampaikan gagasan dalam acara Kongres Islamic Centre Indonesia (7/12) di Jakarta Islamic Centre. Dengan tajuk “Islamic Centre Sebagai Genre Baru Gerakan Islam di Indonesia”, Ia menyampaikan bahwa Islamic Centre umumnya dibangun oleh pemerintah daerah dan dikelola bersama pemerintah, ulama/cendekiawan, aghniya serta aktivis.

“Visi membangun kembali peradaban Islam dengan Islamic Centre ialah sebagai tempat ibadah, pendidikan, penelitian dan pelatihan, pengembangan sosial budaya serta pemberdayaan ekonomi umat” ujarnya.

Wakil ketua umum Forum Islamic Centre Indonesia ini menambahkan bahwa Islamic Centre memang sebuah gerakan Islam yang berbeda dengan populisme Islam yang lagi marak. Apalagi dilihat dari aspek kegiatan, Islamic Centre telah dikelola secara modern. Oleh karena itu, kekuatan besar ini perlu berjaring dan membangun kerjasama untuk umat dan bangsa.

Disela-sela kongres yang bertempat di Ruang Auditorium JIC ini Ia menyampaikan saat ini hampir semua ibu kota provinsi telah memiliki Islamic Centre.

“Diantaranya, ada Jakarta Islamic Centre, Pusdai Bandung, Masjid Agung Jawa Tengah, Islamic Centre Mataram dan masih banyak lagi yang lain.” Tambahnya

Peserta kongres yang terdiri dari perwakilan dan delegasi utusan daerah ini sangat antusias mendengarkan materi hingga berdiskusi tentang Islamic Centre saat ini agar tidak saja sekedar hadir untuk menjalin silaturahmi.

“Semoga warisan Gubernur Sutiyoso ini dapat menjadi modal umat untuk menggapai cita-cita khairu ummah, ta’muruna bil makruf wa tangauna anil mungkar.” Tutupnya (ZS)

Write a Reply or Comment

one × five =