KOMPETISI BACA QURAN DI KROASIA LAHIRKAN PEMENANG DUA SAUDARA

JIC — Pada kompetisi membaca Alquran Internasional ke-24 yang berlangsung di Masjid Zagreb, Kroasia pada 28 hingga 30 September 2017 ada hal yang menarik perhatian. Pasalnya, dalam lomba tersebut, ada hal yang menarik yakni dua saudara memperoleh kejuaraan dalam kategori berbeda.

Keduanya adalah Hafiz Faruk Sahin yang menjadi pemenang pada kategori 15 juz dan saudaranya Hafiz Muharrem Şahin menjadi pemenang pada kategori 5 juz.

Kompetisi ini bertepatan dengan peringatan Milad ke-30 tahun Masjid Zagreb, yakni masjid terbesar di Zagreb. Dalam kompetisi tersebut salah satu dari 6 juri Qurra Hufffadz (penghapal Quran) memberikan pertanyaan dengan membacakan surat Al Baqarah ayat 142 yang kemudian dilanjutkan oleh Hafiz Muharrem Sahin.

Dalam lanjutannya Muharrem mampu melantunkannya dengan lancar dan benar. Bahkan, suaranya yang khas memukau orang-orang yang menyaksikannya. Sementara,  saudaranya Hafiz Faruk Sahin diuji oleh dewan juri dengan surat Ali ‘Imran ayat 141.

Sama dengan saudaranya, ia pun mampu melantunkannya dengan lancar dan benar. Suaranya pun tak kalah indah. Sebelumnya, Hafiz Faruk Sahin memperoleh juara dua dalam kontes pembacaan Alquran di Turki. Dalam kontes yang berlangsung saat bulan Ramadhan lalu itu, ia mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden Turki, Tayyip Erdogan.

Direktur Pusat Islam, Dr Gzim Recebi mengatakan kompetisi ini dihadiri oleh 59 kontestan dari 26 negara. Para peserta diuji oleh 6 anggota dewan juri Qurra Huffadz.

“Kompetisi ini diadakan bertepatan dengan perayaan ke 30 tahun Masjid Zagreb dan setiap tahun partisipasinya sangat tinggi,” ujar Dr Gzim Recebi, seperti dilansir dari publikasi Republika, Minggu (08/10/2017).

Sementara itu, Faruk Sahin dan Hafiz Muharrem Sahin menerima penghargaan dari Hafiz asal Saudi dan Qatar, Kepala Pemerintah Kroasia, Mufti Aziz Hasanoviç, Direktur Pusat Islam Gzim Recebi, Imam Masjid Zagreb, dan juara dunia Hafiz Aziz Alili.

Berkat prestasinya, keluarga mereka menyaksikan prosesi tersebut dengan menangis karena merasa bangga. Acara diakhiri dengan upacara yang dipimpin oleh Huffadz yang terkenal dan diikuti para peserta.

Sumber ; gomuslim.co.id

Write a Reply or Comment