Kota Madinah Jadi Pusat Budaya Islam

Kementerian Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi hari Ahad (10/7) mengumumkan penetapan Madinah sebagai ibukota kebudayaan Islam. Pengumuman itu disampaikan di istana Emir Madinah Pangeran Abdul Aziz bin Majid bin Abdul Aziz, oleh Menteri Kebudayaan dan Informasi Dr. Abdul Aziz Khoja.

Hidayatullah.com–Kementerian Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi hari Ahad (10/7) mengumumkan penetapan Madinah sebagai ibukota kebudayaan Islam.

Pengumuman itu disampaikan di istana Emir Madinah Pangeran Abdul Aziz bin Majid bin Abdul Aziz, oleh Menteri Kebudayaan dan Informasi Dr. Abdul Aziz Khoja.

Selain dihadiri para pejabat dan cendikiawan, sejumlah organisasi kebudayaan ikut serta memeriahkan peresmian Madinah sebagai jantung budaya Muslim itu.

Organisasi Islam untuk Pendidikan dan Sains telah memilih Masjid Nabawi menjadi pusat kebudayaan Islam tahun ini.

Sementara itu, kota Jeddah menggelar Festival Musim Panas sejak 29 Juni lalu. Festival yang berlangsung selama 70 hari itu dibuka secara resmi oleh Gubernur Makkah Pangeran Khalid Al Faisal.

Tidak kurang dari 100 acara akan diadakan selama festival, yang bertujuan untuk menarik minat wisatawan. Pihak penyelenggara menyajikan hiburan berupa festival kurma, ferstival kuliner, acara hiburan dan panggung anak-anak.

Negara tetangga di kawasan Arab lain juga diundang untuk menampilkan kesenian rakyat, alat musik dan lagu serta pakaian tradisional mereka.*

 

Sumber : sg/an
Red: Dija

Write a Reply or Comment

seventeen + five =