LBIQ KERJASAMA DENGAN JIC, LUNCURKAN PENGAJARAN BAHASA ARAB DAN AL-QURAN

JIC – Tingginya minat masyarakat yang ingin belajar bahasa Arab dan baca  Al-Qur’an maka Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Qur’an (LBIQ) menggandeng Jakarta Islamic Centre (JIC) mengadakan kegiatan tersebut dimulai pada akhir Februari 2019, kata Akhmad Sonhaji kepala LBIQ ketika dihubungi di kantornya (28/02/19).

Sonhaji menjelaskan bahwa yang mendaftar untuk kedua kegiatan tersebut mencapai 6.000 orang, baik berasal dari Jakarta maupun yang luar Jakarta seperti Tangerang, Depok, Bekasi dan Bogor.  Karena terbatas tempat belajarnya maka peserta diuji kemampuan, minat dan keinginannya.

Setelah diseleksi peserta pembelajaran bahasa Arab dan pengajaran membaca Al-Qur’an ditempatkan sesuai wilayah masing-masing. Untuk wilayah Jakarta Pusat dan luar Jakarta bertempat di LBIQ, sebanyak sepuluh kelas sedangkan untuk di JIC terdapat 55 orang belajar Bahasa Arab dengan waktu belajar pada hari Senin dan Rabu. Sedangkan peserta pengajaran membaca Al-Qur’an, sebanyak 89 orang dengan waktu belajarnya setiap hari Selasa dan Kamis sebanyak 72 pertemuan selama satu tahun.

Materi yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Arab tentang percakapan atau muhadastah, Nahwu, Shorof tingkat dasar. Sedangkan pembelajaran membaca al Quran meliputi fashohah, makhorijul huruf, tartil, dan nagham. Pengajar pada kegiatan ini, menurut Sonhaji para ahli dibidangnya berasal dari UIN Jakarta, IIQ Institut Ilmu Al Quran, dan PTIQ Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an.

Kepala Divisi Pendidikan dan Pengkajian Badan Manajemen Jakarta Islamic Centre, Rakhmad Zailani Kiki menegaskan bahwa pada bulan Desember 2018 telah terjadi kesepahaman atau MOU antara Jakarta Islamic Centre dengan LBIQ tentang kerjasama pelaksanaan kegaiatan pengajaran Bahasa Arab dan membaca Al-Qur’an. LBIQ menyediakan peserta dan semua administrasi pelaksanaan sedangkan JIC menyediakan ruang belajar.

Hal tersebut sejalan dengan Kepala Badan Manajemen JIC, KH. Ahmad Shodri yang mengapresiasi program kerjasama yang terjalin agar masyarakat dapat memanfaatkan hal ini untuk kemajuan keilmuan Islam.

Selain di JIC, tempat belajar berlokasi di Masjid Baitul Muhyi Walikota Jakarta Timur, Masjid Raya Hasyim Asyari Jakarta Barat, dan di lantai 17 Walikota Jakarta Selatan. Selain itu, terdapat berbagai tempat seperti Johar Baru, kantor Dharma Wanita DKI Jakarta dan beberapa masjid. (ZS)

Write a Reply or Comment

eleven − nine =