MASJID BERUMUR 300 TAHUN, SAKSI SEJARAH ISLAM DI NEGERI SERIBU PAGODA

JIC – Thailand, terkenal dengan penduduknya mayoritas beragama Budha dan satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah oleh Eropa. Di negara ini ada banyak peninggalan bersejarah Budha, namun banyak yang belum tahu di Negeri Seribu Pagoda ini juga menyimpan jejak sejarah Islam yang telah berdiri ratusan tahun.

Terletak di Desa Telok Manok, 25 kilometer dari Provinsi Narathiiwat, Thailand Selatan. Terdapat masjid tua bernama Masjid Telok Manok. Terlihat dinding masjid terbuat dari kayu berwarna coklat tua yang memiliki ukiran dibeberapa bagiannya. Setelah renovasi, atapnya diganti menjadi genteng yang awalnya adalah daun pohon palem.

Sudah lebih dari 300 tahun masjid ini tegap berdiri dan dinobatkan sebagai masjid tertua di Negara Tanah Merdeka ini. Mengutip dari youtube Rise TAFDI, masjid ini disebut juga dengan “Masjid Wadi Husein” berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat setempat, masjid tersebut dibangun oleh sepupu Sunan Ampel yaitu Al-‘Allamah al-Hafidzh Wan Husein as-Sanawi al-Fathoni.

Masjid ini dominan dengan arsiteksur lokal Melayu. Memetik dari laman Khazanah Republika, wilayah Thailand Selatan ini sering kali disebut sebagai wilayah Patani Raya karena memang sejarahnya wilayah ini merupakan bekas wilayah kekuasaan Kesultanan Melayu Patani. Itu sebabnya hingga kini mayoritas penduduk wilayah ini memiliki akar tradisi Islam dan Melayu yang sangat kuat.

Selain itu, di masjid ini ada sebuah prasasti yang mengkisahkan perjalanan hidup dari pendiri masjid tersebut yaitu Wan Hussein. Di samping masjid juga terdapat anak sungai yang bisa digunakan untuk berwudhu.

Walaupun merupakan negeri Budha, Kerajaan Thailand mendukung penduduknya yang beragama Islam. Tanggungjawab urusan mengenai agama Islam di Thailand diemban oleh seorang Mufti, yaitu ulama yang memiliki wewenang untuk mengintrepretasikan teks dan fatwa terhadap umat Islam.

Umat muslim di negara ini memang terbilang minoritas, hanya 15% saja dari total penduduk yang mencapai 60 juta jiwa. Bagi para tourist muslim yang ingin berkunjung ke negara ini tidak perlu khawatir, selain terdapat masjid bersejarah, juga terdapat pernak-pernik dan kuliner makanan halal di berbagai tempat wisata muslim di Negara Tanah merdeka ini.

Sumber : muslimahdaily.com

Write a Reply or Comment

four + 16 =