MENGAPA JUMLAH UMAT ISLAM TUMBUH BEGITU PESAT DI JEPANG?

Jumlah umat Islam tumbuh pesat di Jepang karena sejumla faktor. Masjid Camii Tokyo, Jepang

JIC – Saat ini semakin banyak orang di seluruh dunia yang  mempromosikan pemahaman agama dalam beberapa tahun terakhir  terutama Islam. Meskipun keyakinan itu  berasal dari jazirah Arab, namun telah menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Semua agama di dunia adalah fondasi moral dan kepercayaan yang membantu membentuk masyarakat dengan cara yang positif. Faktanya, Islam memiliki potensi besar untuk mengatasi masalah sosial  seperti rasisme, ketidaksetaraan, dan perbedaan gender di antara banyak lainnya.

Orang-orang lebih memahami Islam dan ini menjadikannya salah satu agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Faktanya, di negara Asia Timur seperti Jepang, hampir 112 ribu hingga 230 ribu orang telah memeluk Islam sehingga menjadikannya salah satu negara tempat agama berkembang pesat.

Meskipun Jepang tidak menyambut baik Muslim di masa lalu, dalam beberapa tahun terakhir, mereka menjadi lebih menerima dalam hal pemahaman agama atau budaya yang berbeda dari mereka. Muslim di Jepang berasal dari berbagai latar belakang kebangsaan, etnis, budaya dan gaya hidup.

Beberapa Muslim Jepang secara ketat mengikuti tradisi mereka seperti sholat dan puasa, sementara yang lain lebih liberal. Banyak faktor yang mendorong pertumbuhan pesat populasi Muslim di Jepang yaitu sebagai berikut:

Pertama, di Jepang, sekitar setengah dari Muslim yang menetap telah menikah.  Ini menunjukkan bahwa Jepang akan memiliki lebih banyak Muslim generasi kedua dan ketiga di masa depan.

Muslim generasi baru ini akan dihadapkan pada latar belakang budaya dan sosial yang beragam dan akan menjadi kunci untuk menjembatani masyarakat tradisional Jepang dengan komunitas Muslim.

Kedua, pertumbuhan ekonomi. Alasan besar kedua mengapa populasi Muslim terkonsentrasi di Jepang adalah karena pertumbuhan ekonomi. Orang-orang dari negara mayoritas Muslim seperti Iran, Pakistan, Indonesia, Bangladesh, dan lainnya datang ke Jepang sebagai pekerja.

Banyak yang bekerja di bisnis konstruksi yang berkembang pesat selama ekonomi berkembang. Peningkatan imigran Muslim ini menyebabkan masuknya pemagang dan pekerja lainnya, yang tidak hanya menambah populasi tetapi juga mengakibatkan peningkatan jumlah masjid di seluruh Jepang.

Sumber : republika.co.id

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

LAGI, ISRAEL LARANG WARGA PALESTINA SHOLAT DI MASJID AL-AQSA

Read Next

SALJU TURUN DI TABUK ARAB SAUDI, TANDA KIAMAT?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =