MENGUNJUNGI MASJID KOBE, JEJAK-JEJAK ISLAM DI JEPANG

JIC – Kobe adalah sebuah kota pelabuhan dengan perpaduan bermacam-macam budaya dan juga sebagai daerah perdagangan internasional terkenal di Jepang. Di Kobe, ada sebuah bangunan masjid (Muslim Mosque) pertama di Jepang yang jarang di ketahui keberadaannya. Kali ini, kami akan menjelaskan sejarah panjang dan budaya yang berada di Kobe Muslim Mosque.

SEJARAH MASJID KOBE

Masjid kobe atau yang di kenal juga dengan sebutan Masjid Muslim Kobe yang merupakan masjid yang pertama kali di bangun di jepang pada bulan Oktober 1935. Pendiri masjid ini adalah para pedagang India yang tinggal di Kota Kobe. Pembukaan masjid ini di lakukan pada tahun 1935, tetapi 8 tahun kemudian masjid dan warga muslim di jepang ini mendapatkan masalah. Karena, masjid ini sempat di tutup oleh angkatan laut di jepang. Namun Allah SWT memberikan jalan bagi umat nya yaitu untuk membuka hati orang-orang tersebut dengan mengaktifkan kembali. Masjid Kobe juga merupakan masjid tertua yang ada di jepang.

Sampai sekarang juga, Kobe Muslim Mosque tetap berdiri dengan bentuk yang cantik di Kitano, Chuo-ku, Kobe. Menara dengan balkon di sebelah kanan atas masjid ini di sebut Minaret (menara masjid). Selain berfungsi untuk memberitahu masuk nya waktu ibadah (adzan), menara ini juga menghiasi beberapa dekorasi luar masjid. Pada bagian kiri atas juga dapat terlihat sebuah bagian yang dimana disebut Dome (kubah masjid).

Di masjid selalu di adakan ibadah sebanyak 5 kali sehari. Pada saat ibadah, biasa nya terdapat 10-20 orang jemaah, namun pada saat hari Jum’at bertambah menjadi 150-200 orang jemaah yang bergabung. Para jemaah dari seluruh area Kansai akan berkunjung untuk beribadah di sini sampai dengan proses pembangunan sarana ibadah di Kyoto dan Osaka selesai.

GAYA ARSITEKTUR YANG MENAKJUBKAN

Dengan gaya arsitekturnya yang mengambil dari gaya arsitektur Turki, yang memang sudah tidak bisa di pungkiri lagi kalau banyak masjid yang mengambil inspirasi dari turki. Yang melakukannya adalah orang india. Dengan sebuah bangunannya yang mungin memang kuno, namun jangan salah di balik desain kuno nya tersebut tersimpan sejarah berupa hal-hal yang menarik dan unik yang terdapat di dalamnya. Pintu-pintu di masjid ini rata-rata memiliki sebuah ukuran yang besar dengan pengetuk pintu nya yang berupa gelang dari besi.

KEUNIKAN DARI MASJID KOBE JEPANG

Jika kita flashback ke zaman dimana dahulu jepang pernah terkena sebuah bencana gempa dan perang yang sangat dahsyat, tentunya anda tahu tentang sejarah itu. Satu hal yang masih terngiang pada saat terjadi perang adalah yang semua bangunan yang ada mulai dari yang kecil sampai yang besar pasti hancur dan sudah tidak berbentuk lagi.Tetapi Subahannallah.. Allahu Akbar!! Allah Maha Besar, ia memperlihatkan sebuah keajaibannya dengan tetap menjaga masjid Kobe ini dengan tetap berdiri kokoh. Namun ada beberapa bagian yang rusak seperti, kaca-kaca yang pecah, dan dinding retak dan menjadi warna hitam.

Sumber : wisatamuslimhalal.com

Write a Reply or Comment