MENUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK USIA SEKOLAH

DSCN1042JIC – Membaca merupakan modal bagi seseorang untuk mempelajari buku dan mencari informasi tertulis. Bagi siswa, membaca juga menjadi modal agar dapat mengikuti kegiatan pembelajaran. “Pentingnya buku, dan pentingnya membaca adalah pesan yang sangat ditekankan dalam Islam. Bahkan Al-Qurán yang agung pun disebut dengan nama Kitab. Perintah membaca ada dalam wahyu pertama, “Iqro bismi rabbika”, dan walaupun ditujukan lewat Nabi yang tidak pandai membaca, ini menunjukkan pentingnya bacaan,”kata Anies Baswedan.

       Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika anak pada usia sekolah tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka anak akan mengalami banyak kesulitan dalam beberapa bidang studi.

      Ada lima tahapan perkembangan membaca, yaitu:

  1. kesiapan membaca
  2. membaca permulaan
  3. ketrampilan membaca cepat
  4. membaca luas
  5. membaca yang sesungguhnya

       Oleh karena itu, anak harus belajar membaca agar dapat belajar. Kemampuan membaca merupakan suatu kemampuan untuk memahami informasi atau wacana yang disampaikan oleh pihak lain melalui tulisan.

DSCN1056

Perlunya Membaca Sejak Dini

      Pendidikan di lingkungan keluarga merupakan kunci dalam memberikan bekal kepada anak. Orang tua terutama Ibu sebagai madrasah pertama bagi seorang anak, memiliki peran sangat penting dalam masalah ini. Jiwa anak harus diisi dengan hal-hal yang positif sejak dini.

       Saat ini kita tidak heran melihat anak-anak kecil mampu memainkan HP, Play Station, Game Online, Game Internet/Facebook dan lain-lain. Teknologi baru dan gadget-gadget bermunculan seakan-akan kalau tidak mengikuti akan ketinggalan jaman. Padahal jika orang tua tidak memantau, bisa jadi Game yang dimainkan dan internet yang dibuka berisikan konten-konten negatif seperti kekerasan, pornografi dll. Belum lagi acara TV yang banyak diisi hiburan dan mempertontonkan gaya hidup hedonis para selebriti.

      Tayangan TV dan Game kekerasan seperti ini akan membuat anak-anak menjadi gampang marah, tersinggung serta tersulut emosinya. Otak menjadi pasif, daya nalar berkurang dan cara berkomunikasi menjadi juga kurang baik.  Jangankan diminta untuk membuat tulisan, berbicara dan mengemukakan pendapat saja mereka susah memilih kosa kata. Anak-anak menjadi tidak pernah terlatih untuk menggunakan kosa kata

      Berbeda ketika anak senang membaca, maka secara refleks otak menjadi beraktivitas dan berpikir. Membaca memperluas cakrawala, menambah ilmu pengetahuan, serta meningkatkan daya ingat.  Membaca dapat memicu otak untuk menyerap informasi, memahami, lalu bahkan memecahkan suatu masalah. Semakin banyak informasi yang diserap semakin baik untuk membantu kefasihan dalam bertutur kata. Membaca bisa dikatakan sebagai kebutuhan dasar bagi manusia. Bahkan perintah pertama yang turun dalam Al-Quran adalah perintah membaca “Bacalah dengan Nama Tuhanmu yang Menciptakan”  (Q.S. Al. Alaq).

     Dengan membaca buka yang bermutu, seseorang akan memiliki keunggulan komparatif dibanding orang yang tidak membaca. Selain itu, dengan membaca, orang lebih terbuka cakrawala pemikirannya. Dengan dan melalui bacaan, seseorang berkesempatan melakukan refleksi dan meditasi, sehingga budaya membaca lebih terarah kepada budaya intelektual daripada budaya hiburan yang dangkal. Karena itu, para pakar menyimpulkan, untuk membangun masyarakat yang beradab dan maju, maka budaya baca perlu ditumbuhkan.

DSCN1051

Menumbuhkan Minat Membaca

       Permasalahan yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sampai saat ini, adalah adanya data berdasarkan temuan penelitian dan pengamatan yang menunjukkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia relatif sangat rendah. Ada beberapa indikator yang menunjukkan masih rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Rendahnya budaya membaca ini juga dirasakan pada pelajar dan mahasiswa. Perpustakaan di sekolah/kampus yang ada jarang dimanfaatkan secara optimal oleh siswa/mahasiswa. Demikian pula perpustakaan umum yang ada di setiap kota/kabupaten yang tersebar di nusantara ini, pengunjungnya relatif tidak begitu banyak.

       Oleh karena itu, solusi terbaik dalam membuka jalan pikiran seorang anak/siswa agar mereka mempunyai wawasan yang luas, adalah dengan cara membaca. Agar siswa dapat membaca buku, maka kepada mereka perlu disediakan bahan bacaan yang cukup koleksinya. Oleh karena itu, perpustakaan merupakan wacana baca yang mampu menyediakan beragam buku baik fiksi nonfiksi, referensi, atau nonbuku seperti majalah, koran, kaset serta alat peraga, wajib dimiliki setiap sekolah.

      Aktivitas membaca akan dilakukan oleh anak atau tidak sangat ditentukan oleh minat anak terhadap aktivitas tersebut. Di sini nampak bahwa minat merupakan motivator yang kuat untuk melakukan suatu aktivitas.

DSCN1047

Perpustakaan Jakarta Islamic Centre

       Perpustakaan JIC menjadi salah satu tempat yang diminati di Jakarta Utara. Dengan koleksi lebih dari dua puluh ribu eksemplar, setiap hari perpustakaan ini ramai dikunjungi, dan bertambah pada saat weekend. Koleksinya meliputi buku keislaman kajian, fiksi, serta buku referensi seperti jurnal, kamus, handbook, majalah, surat kabar dan lainnya. Menyajikan buku sebagai kebutuhan yang menyenangkan, Perpustakaan JIC juga menggagas layanan Kids Corner untuk anak usia 5-12 tahun. Lalu ada juga Sakinah Corner yang menyediakan koleksi buku berkaitan dengan keluarga atau parenting.

       Dibuka setiap hari, Senin-Sabtu (Pukul 09.00-16.00 WIB) perpustakaan JIC dikunjungi berbagai kalangan; pelajar, mahasiswa, karyawan, bahkan masyarakat umum. Ruangan yang cukup nyaman dan tenang membuat pengunjung betah berlama-lama. Bagi yang berminat membawa pulang pinjaman, harus mendaftar menjadi anggota terlebih dulu. Cukup mengisi formulir permohonan, menyerahkan fotokopi identitas diri dan 2 lembar pas foto 2×3 cm, kartu ini akan berlaku setahun dan bisa diperpanjang.

      Jika buku fiksi bisa dipinjam selama dua minggu, maka untuk non fiksi dibatasi satu minggu. Kalau belum selesai, peminjam bisa memperpanjang dua kali berturut-turut. Satu lagi, selain buku keislaman berbagai kategori, pengguna perpustakaan juga bisa memanfaatkan layanan internet.( perpustakaan.islamiccenter.or.id)

Jakarta Islamic Centre

Read Previous

INILAH BUAH-BUAHAN DALAM SURGA YANG TIDAK ADA DI DUNIA

Read Next

TATACARA NADZAR TERHADAP WANITA YANG AKAN DINIKAHI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =